Mengenal IDM serta Cara Mengubah Lokasi Download IDM

Keberadaan Internet Download Manager atau dikenal IDM tentu sudah banyak dikenal masyarakat. Permasalahan yang terjadi biasanya adalah settingan otomatis ter-default di folder yang tidak diinginkan. Untuk mengatasinya, sudah ada cara mengubah lokasi download IDM sesuai dengan keinginan pengguna. Silahkan disimak berikut penjelasan dan langkah-langkahnya:

Mengenal IDM

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengubah lokasi download IDM, lebih baik jika mengetahui lebih dalam seputar IDM. Aplikasi ini banyak digunakan untuk melakukan pengunduhan berbagai file. Tak hanya itu, IDM juga disempurnakan dengan hadirnya layanan schedule atau penjadwalan unduhan dan resume download. Jadi, praktisnya pengguna tidak perlu lagi melakukan pengunduhan ulang.

Fitur lainnya yang disediakan oleh IDM adalah sangat canggih untuk digunakan dalam proses pengunduhan. Hal ini memungkinkan sebagian besar file yang diunduh dapat dipastikan tidak corrupt. Menariknya lagi, pengguna dapat mengunduh lebih dari satu file dalam jangka waktu yang bersamaan tapi tetap runtut.

Cukup berbeda dengan aplikasi yang sudah ada pada umumnya adalah IDM dapat menyimpan file secara teratur. Satu demi satu file akan diunduh sehingga tidak acak dalam penyimpanannya. Hal ini disebut dengan fitur segmentasi yang hanya dimiliki oleh aplikasi IDM ini. Alhasil keteraturan dalam penyimpanan pun terjaga apabila melakukan pengunduhan dengan aplikasi ini.
Adanya dialing connection menjadikan layanan aplikasi ini banyak digemari. Bagaimana tidak, aplikasi IDM memungkinkan untuk mencari koneksi internet secara otomatis tanpa melakukan proses check in terlebih dahulu. Fakta unik lainnya ialah aplikasi ini mendukung penggunaan FTP, Firewalls, Cookies, Redirect, Authorization, Proxy Servers, dan lainnya.

Cara Mengubah Lokasi

Biasanya setelah mengunduh suatu file, hasil unduhan akan tersimpan secara otomatis di folder download. Setelah itu, barulah pengguna bisa memindahkan file ke folder lain yang diinginkan. Namun, apabila pengguna ingin langsung menyimpan file unduhan ke folder lain, pengubahan hasil lokasi unduhan bisa menjadi alternatifnya. Untuk memahaminya, simak beberapa langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi IDM

Langkah pertama untuk mengubah lokasi download IDM yaitu membuka aplikasi Internet Download Manager. Umumnya aplikasi IDM ini di-install melalui PC, laptop, maupun komputer. Aplikasi IDM kadang muncul sebagai icon jendela ataupun taskbar.

2. Pilih Options

Langkah selanjutnya dalam cara mengubah lokasi download IDM adalah mengklik bagian menu yang terletak di bagian atas. Awalnya di klik opsi Download, kemudian pengguna dapat mengklik bagian sub menu Options. Bukan dengan klik kanan, melainkan cukup mengklik kiri seperti pada umumnya.

3. Cari Lokasi yang Diinginkan

Setelah berhasil klik sub menu Options, maka tampilan akan memunculkan jendela baru yaitu jendela Save To. Dari sinilah pengguna dapat memilih atau mencari lokasi penyimpanan download sesuai yang diinginkan. Untuk memahami secara lebih detail, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih Menu Save To.
  • Pilih Browse pada bagian Default Downloads.
  • Cari lokasi atau folder tempat penyimpanan yang baru.
  • Tambahkan folder baru jika diperlukan.
  • Pilih Select Folder.

4. Lakukan Pengecekan Lokasi

Langkah ini menjadi langkah terakhir dalam tahap ini. Pengguna diharuskan untuk memastikan kembali lokasi penyimpanan hasil download yang dipilih. Apabila masih ada kesalahan, bisa segera diperbaiki. Sedangkan jika sudah tepat, maka langkah terakhir adalah cukup mengklik OK. Maka lokasi penyimpanan IDM pun sudah berubah dari setting atau tempat yang awal.

Sekian pembahasan mengenai cara mengubah lokasi download IDM yang perlu diketahui bagi pengguna. Dari langkah-langkah beserta pengenalan yang sudah dibahas sebelumnya dapat disimpulkan bahwa cara ini terbilang cukup mudah. Kini pengguna sudah dapat melakukan kustomisasi lokasi penyimpanan hasil unduhan aplikasi Internet Download Manager.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.