Sangat Mudah! Beginilah Cara Menonaktifkan Fitur COD Shopee Terbaru 2022

Kini, cara menonaktifkan Fitur COD Shopee terbaru 2022 menjadi sebuah informasi yang sangat dicari oleh para pemilik lapak Shopee. Hal ini terjadi setelah fitur payment tersebut menjadi sebuah topik viral selama beberapa waktu. Banyak sekali unduhan yang beredar di media sosial mengenai kekacauan yang terjadi pada sistem COD ini.

Sistem pembayaran cash on delivery ini sebenarnya adalah sebuah jawaban dari pihak Shopee bagi calon pembeli yang tidak percaya terhadap sistem jual beli online. Bagi yang ragu untuk membayar saat barang belum diterima, maka bisa memilih sistem COD. Akan tetapi ternyata di lapangan sistem COD ini justru merugikan pihak penjual, sehingga semua beramai-ramai ingin menonaktifkannya.

1. Cara Mematikan Fitur COD Lewat HP

Kenyataan yang terjadi di lapangan, hadirnya pilihan pembayaran pada saat barang dikirim ini banyak merugikan para penjual yang ada di Shopee. Para buyer belum teredukasi dengan baik dan benar bagaimana sistem pembayaran seperti ini seharusnya berjalan.

Disebabkan hal tersebut maka banyak penjual yang ingin mematikan menu pembayaran ini. Nah jika seller ingin menonaktifkan sistem tersebut, maka harus menempuh beberapa urutan langkah sebagai berikut:

  • Tahapan pertama untuk mematikan sistem pembayaran melalui cash on delivery yang ada di Shopee adalah aktifkan aplikasi tersebut. Setelah itu silahkan lakukan login dengan menggunakan akun yang masih aktif.
  • Kemudian pada halaman utama di pojok kanan bawah, cari dan pilihlah menu “Saya”.
  • Langkah berikutnya, pilihlah menu “Toko Saya”. Menu ini akan dapat ditemukan di bagian kanan sebelah atas.
  • Ketika di layar telah dimunculkan tampilan toko sang penjual, maka silahkan untuk selanjutnya pilih dan klik fitur “Jasa Kirim Saya”.
  • Begitu tombol enter ditekan, maka data informasi mengenai pilihan jasa pengiriman akan muncul di layar.
  • Nantinya pada setiap jasa pengiriman yang terdisplay tersebut, masing-masing akan ada sebuah fitur pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur pembayaran melalui cash on delivery.
  • Lalu pada tahapan langkah yang paling akhir ini, segera lakukan penonaktifan pada setiap jasa pengiriman yang diinginkan.

2. Cara Menonaktifkan Fitur COD Shopee Terbaru 2022 Melalui Laptop atau Komputer

Cara yang kedua adalah melakukan tindakan penonaktifan fitur pembayaran cash on delivery dengan menggunakan perangkat laptop. Langkah-langkah yang harus dilakukan hampir mirip dengan cara melalui HP di atas. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tahapan langkah berikut ini:

  • Nyalakan perangkat laptop atau komputer yang akan digunakan.
  • Masuklah ke dalam browser yang telah terpasang di perangkat. Kemudian pada kolom pencarian ketikkan Shopee.co.id, tekan tombol enter. Setelah itu di layar laptop atau komputer akan terdisplay beberapa data pilihan.
  • Cari dan pilihlah login Shopee, tekan enter Setelah masuk ke dalam aplikasi Shopee, lakukan login, lalu pada bagian pojok kanan, carilah menu “Seller Center”.
  • Selanjutnya masuk ke menu pengiriman dan pilih “Pengaturan Pengiriman”.
  • Di bagian ini silahkan mematikan fitur COD yang ada pada setiap jasa pengiriman, dengan jangan membiarkan kotak di sebelah tulisan COD tidak dicentang.

Apabila ternyata suatu saat keadaan pembeli sudah paham mengenai proses pembayaran dengan memakai cash on delivery, maka bukan tidak mungkin seller ingin mengaktifkan kembali fitur ini. Jika hal tersebut terjadi dan ingin melakukannya, maka tahapan langkah yang harus dilalui adalah sama seperti di atas. Bedanya, untuk kali ini lakukan centang pada pilihan sistem pembayaran COD.

Demikianlah uraian mengenai cara menonaktifkan fitur COD Shopee terbaru 2022. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman langkah bagi para seller di Shopee dalam membuat pilihan untuk kepentingan toko miliknya. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.