Cara Mengaktifkan Fitur COD Shopee Terbaru 2022 Tanpa Perlu Pusing

Fitur COD sangat menguntungkan sekali untuk pembeli karena tidak perlu repot membayar sebelum barangnya datang. Hal tersebut menjadikan para penjual di Shopee tertarik untuk menggunakan fitur ini agar semakin memanjakan para pembeli. Namun, ternyata banyak pula yang belum mengerti cara mengaktifkan fitur COD Shopee terbaru 2022. Sehingga perlu menyimak informasi yang akan disajikan ini.

Mengaktifkan fitur COD untuk penjual sangat mudah sekali. Setiap penjual yang ada di Shopee pun bisa melakukannya. COD Shopee memang sudah lama diberlakukan. Munculnya fitur ini menjadikan masyarakat lebih suka menikmatinya karena dapat memastikan barangnya sudah sampai ke alamat atau belum. Simak penjelasan lengkap mengenai fitur COD di bawah ini:

Pengertian COD Shopee

COD adalah kepanjangan dari Cash On Delivery, artinya adalah suatu transaksi yang dilakukan setelah barang tersebut datang. Nantinya sistem pembayarannya dilakukan dengan kurir yang mengantar barang tersebut. Memang banyak sekali kelebihan dari penggunaan COD ini karena pembeli tinggal membayar saja ketika dirumah.

Namun, kelemahannya adalah pembeli harus ada di rumah ketika barang datang untuk membayar sejumlah uang seharga barang tersebut. Banyaknya keuntungan dari sistem COD ini menjadikan banyak sekali penjual merasa tertarik untuk menggunakannya sehingga memilih untuk mengaktifkan fitur COD. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur COD agar bisa digunakan? Berikut penjelasannya!

Cara Mengaktifkan Fitur COD Shopee Terbaru 2022

Sebenarnya, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut yaitu melalui aplikasinya langsung dan melalui Seller Centre. Supaya lebih mudah, pakailah aplikasi saja dengan menyimak cara mengaktifkan fitur COD Shopee terbaru 2022 berikut:

  • Mulanya, penjual harus masuk ke dalam akun Shopee dengan membuka aplikasinya. Isikan nama pengguna beserta kata sandi yang tepat agar dapat masuk ke akun penjual.
  • Akan muncul tampilan utama dari Shopee ini yaitu menampilkan halaman Beranda. Pada halaman ini terdapat beberapa fitur yang bisa dipilih sendiri berdasarkan kebutuhan. Pengguna harus klik bagian Saya yang akan menampilkan informasi terkait akun penjual.
  • Pada bagian atas sebelah kiri terdapat tulisan Toko Saya.
  • Lakukan scroll ke bawah dan lihatlah menu yang menunjukkan Jasa Kirim Saja. Klik tulisan tersebut sekali saja dan akan muncul pilihan dari beberapa jasa kirim.
  • Cari tahu jasa kirim mana saja yang siap melayani barang dengan sistem COD
  • Aktifkan fitur COD pada jasa kirim tersebut dengan menggeser tombol yang ada pada bagian aktifkan COD. Pastikan bahwa tombolnya sudah berwarna hijau yang menandakan fitur layanan COD sudah aktif
  • Berikutnya yaitu mengaktifkan fitur COD pada produk agar tertera tulisan bahwa toko melayani proses COD dengan klik Toko Saya.
  • Scroll ke bawah dan tertera menu Produk Saya yang berada pada pilihan paling atas. Klik menu tersebut sekali saja dan akan muncul beragam produk yang di jual pada Shopee.
  • Pilih produk mana yang akan diaktifkan fitur COD, kemudian klik Ubah.
  • Penjual dapat mengubah informasi terkait dengan ongkos kirim yang menunya berada di bagian bawah. Klik ongkos kirim dan aktifkan tombol Reguler dan carapun selesai.

Itulah cara mengaktifkan fitur COD Shopee terbaru 2022 tanpa ribet karena tinggal membuka aplikasi Shopee saja yang ada di HP. Cara yang disajikan juga cukup simpel untuk dilakukan sehingga penjual bisa melakukan pengaturannya sendiri. Keuntungan yang didapatkan pun semakin berlipat setelah mengaktifkan fitur ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.