Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat, Internetan Dijamin Lacar

Cara mengatasi koneksi wifi – Jaringan WiFi yang tidak berfungsi dengan baik tentu sangat menyebalkan. Koneksi internet yang lambat, feed Facebook yang tersendat-sendat, atau video YouTube yang tersendat-sendat dapat membuat siapa pun kesal. Tapi jangan khawatir, Anda harus mengatasi wifi Anda yang lambat agar bisa internetan dengan lancar.

Salah satu syarat utama untuk menjaga kecepatan jaringan adalah dengan cara mengatasi koneksi wifi menggunakan teknologi modern. Setiap router dapat berpengaruh pada kecepatan, semakin kuat router maka kecepatan juga semakin stabil. Router saat ini menggunakan standar AC berkecepatan tinggi dan beroperasi pada pita frekuensi 5 GHz. Berkat router ini, pemutaran video online jauh lebih lancar bahkan dalam resolusi HD.

Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat, Internetan Dijamin Lacar

Pilih Tempat yang Tepat

Semua instruksi menyatakan bahwa dinding dan partisi adalah penghalang utama sinyal Wi-Fi. Penghalang pelindung logam, seperti cermin atau akuarium dapat menjadi penghalang serius bagi sinyal Wi-Fi.

Tentu saja, sinyal internet yang baik itu penting, maka dari itu Anda perlu menempatkan router Anda di tempat yang tepat. Anda juga perlu menentukan tempat yang optimal untuk router. Pertama, coba cara kerjanya dari berbagai lokasi di rumah Anda.

Layanan seperti speedtest.net dan berbagai aplikasi seperti WiFi Speed Test atau Network Analyzer Lite akan membantu Anda dalam hal ini. Beberapa model, misalnya, router Inteno, sudah memiliki aplikasi bawaan yang menguji kecepatan.

Jika tidak ada keadaan tambahan, pusat geografis rumah akan menjadi lokasi yang ideal untuk router. Ingatlah bahwa router membutuhkan ruang dan tidak boleh dikunci dalam lemari dan tidak boleh diletakkan di lantai. Solusi ideal adalah memasang router ke dinding kosong dan tidak mengelilinginya dengan furnitur.

Pilih Saluran Wifi Optimal

Di gedung rumah, jaringan WiFi tetangga saling mempengaruhi kecepatan. Router, seperti radio biasa, dapat beroperasi pada panjang gelombang yang berbeda. Tapi, semakin banyak pengguna satu saluran, maka semakin lambat kerjanya.

Pastikan Pintu Terkunci

Jika Anda masih menggunakan jaringan WiFi yang tidak dilindungi kata sandi, lepaskan semuanya dan ubah pengaturannya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Dalam sejumlah besar pengguna jaringan memiliki efek buruk pada kecepatan sinyal.

Selain tetangga Anda, hacker yang belum menemui kendala sekecil apapun berupa password juga bisa menggunakan jaringan Anda untuk meretasnya. Oleh karena itu lebih baik untuk menyandikan akses.

Apakah dengan Memeriksa Aplikasi Jaringan Dapat Mengatasi Wifi yang Lambat?

Jika satu perangkat terhubung ke router, itu akan menerima semua kecepatan yang dapat diberikan router. Jika kita menghubungkan perangkat lain, maka kecepatannya akan dibagi 2. Selain itu, semua perangkat yang terhubung membuat beban pada perangkat keras routeryang menyebabkan penurunan kecepatan.

Perhatikan Kemungkinan Perangkat

Selain router itu sendiri, ada hambatan lain di jaringan nirkabel rumah. Salah satunya adalah penerima Wi-Fi di smartphone, tablet, dan terutama laptop. Produsen laptop membatasi penerimaan sinyal Wi-Fi untuk mengurangi konsumsi daya perangkat. Namun di rumah, masa pakai baterai tidak begitu penting, sehingga Anda dapat mengimbangi penurunan kemampuan laptop dengan adaptor Wi-Fi eksternal yang terhubung melalui USB.

Hal ini dapat menggantikan penerima built-in, dan memungkinkan Anda untuk menggunakan semua kemampuan jaringan. Demikian artikel yang dapat saya buat tentang cara mengatasi koneksi wifi semoga bermanfaat, terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.