Cara Hapus Akun PeduliLindungi

Cara Hapus Akun PeduliLindungi
Cara Hapus Akun PeduliLindungi

Cara Hapus Akun PeduliLindungi – Bagi Anda yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19, biasanya akan disarankan untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi di perangkat smartphone. PeduliLindungi ini merupakan aplikasi resmi dari pemerintah yang memberikan banyak fitur di dalamnya yang pastinya bermanfaat bagi semua warga Indonesia. Lewat apliaksi ini juga kita bisa dengan mudah mengakses sertifikat vaksin Covid-19.

Terkadang ada beberapa hal yang membuat orang-orang ingin menghapus akun PeduliLindungi miliknya. Entah itu karena dianggap tidak perlukan, soal privasi, atau alasan yang lainnya. Sayangnya, tidak jarang dari mereka yang belum tahu cara hapus akun PeduliLindungi miliknya tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Hapus Akun PeduliLindungi

Sebagai warga Indonesia yang baik, diharapkan untuk mematuhi segala bentuk aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Termasuk dalam hal penanganan dan pengendalian laju penyebaran virus covid-19 yang masih berlanjut hingga sekarangan ini. Dalam hal tersebut, setiap warga diharuskan untuk melaksanakan vaksinasi yang sudah diselenggaran di masing-masing daerah.

Melakukan vaksinasi covid-19, setiap orang memungkinkan untuk mengetahui jadwal vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika belum punya aplikasi tersebut, maka pengguna harus menginstalnya melalui Google Playstore untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS. Setelah menginstal aplikasi maka pengguna perlu membuat akun PeduliLindungi terlebih dahulu menggunakan nomor HP dan NIK di KTP.

Sudah pernah membuat akun PeduliLindungi, namun sekarang Anda ingin menghapusnya? Sebenarnya ini bukanlah cara yang direkomendasikan, akan tetapi semua hak ada di tangan setiap orang. Jika memang ingin menghapus akun miliknya, maka boleh-boleh saja. Adapun cara hapus akun PeduliLindungi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Aplikasi di Perangkat Smartphone

Cara yang paling mudah untuk menghapus atau menonaktifkan akun PeduliLindungi yakni dengan melakukan uninstall aplikasi tersebut di perangkat HP. Cara ini akan menghapus data diri yang tersimpan di aplikasi tersebut secara otomatis. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  1. Nyalakan HP seperti biasa.
  2. Kemudian masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi atau App.
  4. Sekarang Anda cari dan pilih aplikasi PeduliLindungi.
  5. Pada halaman Info Aplikasi, Anda klik opsi Hapus Instalasi atau Uninstall.
  6. Selesai.

NB: Selain cara di atas, alternatif untuk menghapus aplikasi PeduliLindungi bisa dengan tekan dan tahan ikon Aplikasi PeduliLindungi, kemudian pilih Hapus Instalasi atau Uninstall.

Setelah menghapus aplikasi dari perangkat HP, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu waktu saja hingga data diri Anda akan dihapus dari server pusat. Sebaiknya jangan pernah mengakses aplikasi setidaknya 5 tahun agar data diri yang tersimpan dihapus secara permanen dari server.

2. Menghubungi Email Resmi PeduliLindungi

Jika waktu 5 tahun menurut Anda terlalu lama, ada alternatif lain untuk menghapus akun PeduliLindungi beserta data diri yang tersimpan di dalamnya. Cara yang dimaksud yakni dengan mengirim pesan lewat email resmi PeduliLindungi, yakni pedulilindungi@kominfo.go.id.

Tinggal Anda kirim pesan ke email tersebut dengan memberitahukan tujuan Anda ingin menghapus akun PeduliLindungi beserta data diri yang tersimpan di dalamnya. Pihak PeduliLindungi akan membalas dan biasanya akan meminta data diri Anda, seperti nama, alamat, NIK KTP, dan juga nomor HP yang terdaftar di akun PeduliLindungi yang ingin dihapus.

Itulah tadi dua cara hapus akun PeduliLindungi yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.