Cara Tarik Tunai BCA di Alfamart Beserta Syarat dan Ketentuannya 2021

Melakukan penarikan uang tunai BCA tidak harus di ATM atau Bank, tetapi bisa juga di Alfamart. Memangnya bisa? Tentu saja bisa, karena sekarang Alfamart menyediakan layanan penarikan uang tunai ATM BCA. Mau tahu apa saja syarat  dan bagaimana cara Tarik tunai BCA di Alfamart?. Mari simak penjelasan berikut ini hingga akhir:

Syarat dan Ketentuan yang Wajib Dipahami

Sebelum membahas cara tarik tunai BCA di Alfamart, alangkah baiknya pengguna harus mengetahui apa saja syarat dan ketentuannya. Yakni meliputi sejumlah hal dasar berikut:

1. Pastikan Saldo Mencukupi

Adapun syarat dan ketentuan yang pertama adalah pengguna haruslah memastikan bahwa isi saldo pada ATM cukup untuk melakukan penarikan. Selain itu, pengguna sangat diharuskan melakukan transaksi atau berbelanja di Alfamart. Namun, tidak perlu khawatir karena dalam berbelanja untuk melakukan penarikan tersebut, tidak ada batas minimalnya.

2. Pahami Batas Minimal dan Maksimal Penarikan

Jika dalam syarat dan ketentuan berbelanja, batas minimal itu tidak ada. Lain halnya, dengan orang yang akan melakukan pengambilan uang tunai. Terdapat ketentuan minimal dan maksimal yang berlaku. Adapun batas minimal dalam pengambilan uang tunai di Alfamart yakni sebesar 50 Ribu Rupiah. Sedangkan, batas maksimalnya hanya dapat mengambil satu juta rupiah saja. Kemudian dalam ketentuannya juga disebutkan bahwa untuk pengambilan sendiri adalah kelipatan lima puluh ribu.

Cara Melakukan Penarikan

Demi fleksibilitas nasabah, maka penarikan dapat dilakukan dengan dua metode yakni memakai dan tanpa memakai kartu. Agar lebih jelas, cermati uraian di bawah ini!

1. Lakukan Penarikan dengan Kartu ATM

Cara Tarik tunai BCA di Alfamart yang pertama, dapat langsung datang ke Alfamart terdekat. Kemudian, pilih barang belanjaan tanpa batas minimal, atau bisa juga dengan nominal 20 ribu hingga 50 ribu. Apabila sudah selesai belanja bisa langsung menuju kasir untuk melakukan pembayaran sekaligus memberitahukan bahwa akan mengambil uang tunai kepada kasir.

Berikan kartu ATM atau debit ke kasir untuk proses pembayaran. Setelah itu, tinggal untuk penarikan uang tunai, dan pengguna akan diminta untuk memasukan pin ATM atau debit. Penarikan melalui mesin EDC dan jika sudah selesai semua, akan menerima struk pembayaran dan struk ATM dari kasir.

2. Jalankan Penarikan Tanpa Kartu ATM

Untuk melakukan penarikan tunai tanpa kartu ATM juga dapat dilakukan di Alfamart. Caranya mudah, hal pertama yang perlu disiapkan hanyalah dengan mengetahui nomor kartu ATM. Perlu diingat di sini, yang dibutuhkan adalah nomor kartu ATM dan bukan nomor rekeningnya. Sebelum itu, pengguna harus sudah memastikan bahwa saldo yang ada di ATM masih cukup untuk melakukan penarikan.

Dalam hal ini, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Dana untuk membantu dalam transaksi belanja dan penarikan tunai di Alfamart. Apabila belum memiliki aplikasi dan akun Dana pengguna dapat menginstalnya terlebih dahulu.

Pastikan juga, aplikasi Dana telah tersambung dengan Kartu ATM BCA pengguna dan sudah melakukan pengisian Dananya. Lalu untuk penarikan tunai lewat Alfamart sendiri, pengguna bisa langsung menekan fitur Tarik saldo di aplikasi Dana.

Setelah itu, akan muncul opsi Alfamart kemudian klik saja. Lalu akan muncul nomor seri di mana nomor tersebut yang nantinya menjadi syarat untuk penarikan di Alfamart tanpa kartu ATM. Pengguna hanya perlu datang ke Alfamart, lalu menunjukan nomor tersebut kepada kasir yang bertugas.

Kelebihan dan Kekurangan Tarik Tunai BCA di Alfamart

Cara Tarik tunai BCA di Alfamart tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah dikarenakan Alfamart sudah tersebar dan banyak ditemukan di berbagai daerah, hal itu menjadikan transaksi lebih mudah. Untuk kekurangannya, adalah pengguna perlu mengeluarkan uang tambahan untuk berbelanja yang sudah menjadi syarat dan ketentuannya. Selain itu, terdapat batasan dalam pengambilan nominal uang, sehingga tidak dapat dengan leluasa mengambil dalam jumlah besar.

Itulah tadi mengenai cara tarik tunai BCA di Alfamart yang bisa dicoba. Sebelum melakukan penarikan perlu diingat bahwa pastikan saldo yang ada di ATM cukup melakukan penarikan. Jangan lupa juga, sebelum penarikan, diharuskan berbelanja terlebih dahulu sebagai syaratnya!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.