Cara Memperbaiki Google Play Games Anti Ribet

Pengguna aplikasi Google Play Games mungkin pernah mengalami permasalahan error atau sejenisnya. Hal ini tentu tidak mengenakkan karena tidak bisa mengakses aplikasi permainan yang terinstal di smartphone. Namun, sekarang pengguna sudah tidak perlu khawatir karena sudah ada cara memperbaiki Google Play Games. Yakni dengan melakukan sejumlah tindakan berikut:

Melalui Penghapusan Cache Aplikasi

Cara pertama ini termasuk anti ribet karena pengguna cukup menghapus cache dari aplikasi. Mengapa perlu dihapus? Alasannya adalah file yang ada di dalamnya biasanya merupakan sampah yang sudah tidak lagi digunakan. Cara melakukannya pun cukup mudah. Berikut langkah-langkah detailnya:

  • Akseslah menu Pengaturan;
  • Pilih Menu Manage Apps;
  • Cari Google Play Games;
  • Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Clear Data; dan
  • Tinggal buka kembali Google Play Gamesnya.

Perlu diketahui bahwa setelah menghapus cache aplikasi, maka semua data yang ada akan terhapus. Termasuk juga username dan kata sandi yang digunakan untuk login aplikasi. Akan tetapi, tidak perlu khawatir, karena pengguna cukup melakukan login ulang. Caranya dengan kembali memasukkan username dan kata sandi agar bisa masuk ke layanan aplikasi.

Perbaikan dengan Update Aplikasi

Jika cara yang pertama tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut, maka bisa mencoba cara yang kedua. Yakni dengan melakukan update aplikasi Google Play Games. Ternyata, tidak hanya aplikasi android terunduh yang butuh di update, tetapi Google Play Games kadang juga memerlukannya. Maka dari itu, pengguna perlu mengecek dahulu versi dari aplikasi terinstal.

Tanda-tanda dari suatu aplikasi perlu untuk di update adalah sering muncul tampilan login yang beruntun. Hal ini bisa jadi disebabkan karena aplikasi yang digunakan merupakan versi lama. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba update aplikasi Google Play Games. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Playstore

Cara memperbaiki Google Play Games dengan alternatif ini yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store. Umumnya, aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari suatu smartphone. Maka dari itu, pengguna sudah tidak perlu lagi repot-repot menginstal aplikasi tersebut.

2. Ketikkan Google Play Games

Setelah berhasil membuka aplikasinya, langkah selanjutnya adalah menuju tampilan Google Play Games. Caranya yaitu dengan melakukan pencarian di menu search serta mengetikkan keyword “Google Play Games.” Setelah muncul gambar aplikasi Google Play Games, bisa di klik dan menuju ke tampilannya.

3. Pilih Ikon Bertuliskan Update

Setelah muncul tampilan yang menunjukkan aplikasi Google Play Games, terdapat beberapa opsi yang ada yaitu Open dan Update. Langkah selanjutnya bisa memilih opsi bertuliskan Update. Dengan melakukan update, maka aplikasi akan berubah menjadi versi yang lebih terbaru. Tentunya bisa mendapatkan pembaharuan sistem sehingga mengurangi gangguan yang ada.

4. Tunggu Proses Berjalan

Langkah selanjutnya ialah menunggu proses berjalannya aplikasi yang sedang diupdate. Adapun kecepatan dari pengupdatean bergantung pada tinggi rendahnya koneksi jaringan internet. Untuk memperoleh kecepatan yang baik, bisa dengan menggunakan wifi supaya lebih lancar.

5.  Masuk Aplikasi Google Play Games

Setelah aplikasi terupdate, maka aplikasi Google Play Games bisa digunakan dengan lebih baik. Biasanya untuk versi terbaru akan ada sedikit perbedaan, entah dari segi tampilan ataupun dari segi menu yang disediakan. Jadi baiknya, perhatikan hal tersebut agar tidak kebingungan!

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki Google Play Games yang bisa dicoba. Cara-cara di atas cukup mudah untuk dipraktekkan. Mengingat kemungkinan untuk terjadinya error aplikasi cukup tinggi, maka mengetahui upaya untuk mengatasinya merupakan hal yang pokok. Agar tidak mengalami kebingungan!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.