Ini Lho Pentingnya Melek Asuransi Jiwa Bagi Para Milenial #asuransilifepal

Belakangan ini cukup banyak generasi milenial yang mulai menyadari akan pentingnya asuransi jiwa. Namun yang keikutsertaan para generasi milenial akan asuransi jiwa tersebut, rata-rata tidak diikuti oleh meleknya para generasi milenial tersebut akan asuransi jiwa yang sebenarnya. Hal tersebut terlihat dari banyak orang orang yang belum sadar benar tentang cara mengikuti, manfaat, dan cara melakukan klaim dari program asuransi jiwa itu sendiri. Padahal pentingnya melek asuransi #asuransilifepal itu sendiri justru akan membantu para pemegang polis agar lebih mengenal asuransi jiwa dan memperoleh manfaat yang lebih maksimal.

Melindungi diri dan keluarga terdekat

Yang perlu Anda ketahui akan pentingnya melek asuransi #asuransilifepal ini adalah untuk membantu ketahanan keuangan dalam sebuah keluarga itu sendiri. Salah satu contoh paling sederhana adalah ketika seorang pencari nafkah, dalam sebuah keluarga mengalami cacat, atau bahkan meninggal dunia ketika sedang bekerja. Maka secara otomatis berbagai macam jenis investasi dan juga jenis usaha akan langsung terhenti, dan tentu saja akan mengganggu sistem pendanaan yang sudah direncanakan untuk masa depan kelak, baik itu kebutuhan akan pendidikan, atau bahkan tabungan di masa depan.

Lain halnya ketika seseorang mengikuti program asuransi jiwa, sudah pasti program investasi untuk masa depan akan tetap berjalan dengan baik. terutama masalah dana yang sudah direncanakan untuk keluarga tersebut. Walaupun pihak pencari nafkah dalam hal ini mengalami musibah.

Dalam hal ini, asuransi jiwa sendiri adalah sebuah perjanjian yang dilakukan antara pihak penanggung dan juga pihak tertanggung.

  • Pihak penanggung sendiri dalam hal ini pihak perusahaan.
  • Pihak tertanggung, dalam hal ini nasabah atau para pekerja. Dalam Asuransi jiwa, orang yang dilindungi dan juga orang yang tertanggung dan juga pihak pemegang polis, bisa jadi orang yang sama.
  • Ada juga pihak penerima manfaat. Tidak lain adalah orang yang menerima uang pertanggungan ketika terjadi resiko ketika pihak tertanggung, meninggal dunia. Dalam hal ini pihak tertanggung dan penerima manfaat, pastinya bukan orang yang sama, atau dengan kata lain orang yang berbeda, bisa saja itu keluarga, orang tua, atau juga anak.

Dimana dalam perjanjian tersebut, akan mewajibkan pihak nasabah akan membayar premi pada pihak perusahan, untuk nantinya mengganti atas resiko kerugian, kerusakan atau bahkan kematian, serta kehilangan, yang diterima, ketika terjadi peristiwa tidak terduga.

Yang perlu diketahui disini adalah pentingnya asuransi jiwa ini adalah untuk memberikan perlindungan kesehatan, selain juga proteksi keuangan dalam membantu ketahanan hidup. Ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Apalagi saat ini ada cukup banyak aneka jenis penyakit yang tidak terduga, dan hal-hal tersebut nantinya akan memberikan proteksi tersendiri bagi nasabah.

Dana kecil untuk perlindungan besar

Adapun pentingnya asuransi dalam kehidupan seseorang adalah untuk memberikan perlindungan dalam hal keuangan. Seperti halnya ketika seseorang mengalami kecelakaan kerja, dan mengakibatkan cacat fisik, atau bahkan kematian. Sudah pasti orang-orang yang ditinggalkan tidak hanya merasa kehilangan, namun juga kebingungan akan bagaimana melangsungkan hidup, mengingat si pencari kerja, tiba-tiba tidak dapat bekerja kembali.

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mulai menabung sejak awal bekerja, untuk keperluan biaya tidak terduga, tapi pastinya jumlah tabungan tersebut tidak akan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dari keluarga, apalagi untuk membantu mengatasi masalah biaya pendidikan dan hal lainnya.

Lain halnya ketika seseorang sudah mengikuti program asuransi jiwa, hal-hal seperti ini pastinya sudah di cover atau ditangani oleh pihak asuransi. Dimana pihak penerima manfaat nantinya hanya perlu melakukan klaim, maka asuransi jiwa akan terbayar, dan masalah finansial akan terpecahkan dengan baik.

Yang menarik adalah untuk mengikuti program asuransi jiwa ini sendiri tidak terlalu mahal. Dalam hal ini, besar kecilnya biaya polis akan disesuaikan dengan program asuransi jiwa yang akan Anda ikuti. Dapat dikatakan, uang asuransi yang akan Anda kumpulkan kelak, dari yang awalnya kecil, akan semakin besar. Dibanding uang tabungan yang mungkin hanya terkumpul sejumlah uang yang Anda tabungkan, lain halnya ketika Anda mengikuti asuransi, bisa jadi uang premi yang dibayar, hasil nantinya akan beberapa kali lipat jauh lebih besar. Tentunya ini akan sangat menguntungkan Anda, terutama keluarga yang ditinggalkan.

Ini adalah salah satu manfaat dari pentingnya melek asuransi #asuransilifepal, terutama bagi generasi milenial yang berencana untuk menikah, baru menikah atau bahkan baru saja mendapatkan momongan.

Tentang prinsip asuransi

Mengenal dan juga mengetahui prinsip dari asuransi itu sendiri juga akan jadi hal dasar seseorang untuk lebih melek asuransi itu sendiri. Adapun prinsip dari asuransi ini sendiri ada 2 macam, yaitu :

1. Utmost good faith

Adapun prinsip dari utmost good faith ini sendiri adalah untuk mendasari mendasari kepemilikan dari asuransi itu sendiri, dari niat baik kedua belah pihak, yaitu pihak perusahaan dan juga pihak nasabah itu sendiri.

2. Insurable interest

Sedangkan yang dimaksud dengan Insurable interest, sendiri adalah adanya kepentingan untuk melakukan asuransi itu sendiri. Atau bisa dikatakan adalah, adanya ketergantungan keuangan dari kedua belah pihak, dalam hal ini pihak pihak yang melakukan asuransi. Tentunya manfaat asuransi jiwa yang satu ini akan dirasakan oleh kedua belah pihak.

Beda jenis premi asuransi beda pula manfaatnya

Seperti diketahui bersama jenis asuransi jiwa yang biasanya ditawarkan terbilang beragam, dimana masing-masing jenis mempunyai waktu dan manfaat yang berbeda-beda. Adapun jenis asuransi jiwa yang dimaksud antara lain :

1. Asuransi jiwa berjangka

Seperti namanya, maka jenis asuransi jiwa yang satu ini akan memberikan proteksi pada pihak tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Biasanya jangka waktu atau kontak yang ditawarkan adalah 5 tahun, 10 tahun atau juga 20 tahun. Dimana besaran premi yang harus dibayar tetap, dan juga terbilang murah.

Sedangkan manfaat yang akan didapat oleh pihak pemegang polis sendiri adalah memperoleh kebebasan dalam menentukan besaran premi yang harus dibayar, yang nantinya disesuaikan dengan kemampuan bayar. Apabila pihak tertanggung meninggal dunia pada saat masa kontrak masih aktif, maka pihak keluarga yang tertanggung akan memperoleh uang pertanggungan yang cukup besar.

2. Asuransi jiwa seumur hidup

Seperti namanya, maka jenis asuransi jiwa yang satu ini akan memberikan perlindungan seumur hidup. Walaupun demikian, biasanya pihak asuransi akan membatasi manfaat perlindungan yang diberikan, hingga sekitar 100 tahun.

Biasanya asuransi jiwa seumur hidup ini cukup direkomendasikan, bagi mereka atau dalam hal ini generasi milenial yang tidak mempunyai tanggungan, dan juga menginginkan manfaat yang lebih besar, dibandingkan hanya sekedar santunan kematian saja. Atau juga untuk Anda yang tertarik akan ide tabungan jangka panjang, dengan keuntungan yang besar.

Adapun manfaat yang akan didapat ketika mengikuti program yang saat ini terutama bagi pemegang polis adalah memungkinkan pihak pemegang polis memperoleh nilai tunai dari premi yang sudah dibayar secara lebih besar. Apabila pihak tertanggung tidak dapat membayar angsuran premi secara berkala. Maka pihak pemegang polis dapat menggunakan nilai tunai yang diperoleh dari angsuran premi yang dibayar sebelumnya, untuk membayar premi selanjutnya.

Dalam hal ini premi asuransi yang sudah dibayar sebelumnya tidak akan hangus, apabila tidak dilakukan klaim. Pada saat kontrak berakhir, maka uang pertanggungan akan diberikan pada pihak pemegang polis secara keseluruhan.

3. Asuransi jiwa dwiguna

Ada yang menarik dari asuransi Dwiguna yang satu ini, seperti namanya maka asuransi tersebut akan memberikan 2 manfaat bagi penggunanya. Yang pertama adalah sebagai asuransi jiwa berjangka, dan yang kedua adalah sebagai tabungan.

Jadi ketika seseorang menggunakan jenis asuransi jiwa yang satu ini, maka dalam ini pihak pemegang polis memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah dibayarkan sebelumnya. Uang yang dibayar sendiri adalah berupa uang pertanggungan, ketika pihak tertanggung sudah meninggal dunia dalam periode tertentu. Tentunya semua ketentuan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan juga kebijakan polis asuransi dari yang bersangkutan itu sendiri.

Yang menarik adalah, pihak pemegang polis sendiri dapat menarik polis asuransi tersebut, pada jangka waktu tertentu, sebelum masa kontrak berakhir.

  • Pihak pemegang polis akan mudah melakukan klaim polis asuransi jiwa, walaupun masa kontrak belum berakhir. Misalnya saja Anda dapat mengambil dana tersebut untuk biaya pendidikan anak, atau yang lainnya. Tapi yang perlu dicatat disini adalah proses penarikan dana tersebut, hanya dapat dilakukan 1 kali, dalam jangka waktu tertentu, selama beberapa tahun, sesuai dengan perjanjian yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
  • Apabila pihak tertanggung masih hidup pada saat jangka waktu berakhir, maka pihak tertanggung tersebut akan memperoleh semua uang pertanggungan secara utuh.

4. Asuransi jiwa unit link

Jenis asuransi jiwa unit link ini sendiri juga cukup unik, penting untuk Anda pelajari, dan mungkin jadi referensi bagi Anda yang ingin mempunyai jenis asuransi dengan beragam manfaat. Asuransi yang satu ini akan menggabungkan manfaat dari asuransi itu sendiri dan juga jenis investasi. Termasuk salah satu jenis asuransi yang banyak disuka, karena memperoleh manfaat yang lebih beragam, dalam hal ini tidak hanya memberikan manfaat dalam bentuk proteksi, namun juga memberikan manfaat investasi itu sendiri.

Adapun manfaat pertama dari jenis asuransi yang satu ini bagi pemegang polis adalah memberikan jaminan perlindungan, seperti umumnya layanan asuransi jiwa. Sedangkan manfaat yang kedua adalah berupa manfaat investasi, dimana hasil investasi tersebut akan diberikan pada setiap akhir tahun. Tentunya ini akan jadi sebuah program asuransi yang sangat menguntungkan, untuk Anda dan juga pada pihak penerima polis itu sendiri nantinya.

Jenis pembayaran asuransi jiwa

Selan tentang jenis-jenis asuransi jiwa, ada juga yang disebut dengan asuransi jiwa tanpa nilai tunai, dan juga asuransi jiwa nilai tunai.

1. Asuransi tanpa nilai tunai

Yang dimaksud dengan asuransi tanpa nilai tunai sendiri adalah sistem pembayaran premi yang dilakukan untuk memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Atau dapat dikatakan sebagai proteksi untuk jangka waktu tertentu.

2. Asuransi nilai tunai

Sedangkan tenang asuransi nilai tunai sendiri adalah nilai premi yang nantinya dibayar dan dikelola oleh pihak perusahaan asuransi itu sendiri. Sedangkan sebagian preminya sendiri nantinya diambil dan digunakan untuk nilai tunai itu sendiri. Yang artinya nilai tunai sendiri dapat diambil dari premi, tanpa mengurangi perlindungan yang akan diberikan.

Pentingnya seseorang melek akan asuransi jiwa ini adalah akan polis asuransi jiwa yang diberikan. Dimana seperti yang disebutkan di atas, adanya asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan tersendiri, bagi pihak keluarga yang ditinggalkan. Perlindungan yang dimaksud dalam hal ini adalah finansial. Umumnya uang asuransi jiwa ini cukup besar, jadi walaupun pihak tertanggung meninggal dunia, namun dengan dana yang ditinggalkan, pastinya keluarga yang ditinggalkan setidaknya masih dapat tetap bertahan hidup dengan uang yang ditinggalkan.

Memilih program asuransi jiwa secara tepat

Ingin bisa lebih melek asuransi jiwa sepenuhnya, tapi sampai saat ini masih kebingungan dalam memilih program asuransi jiwa yang tepat, maka berikut yang perlu Anda perhatikan :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Dalam hal memilih produk asuransi jiwa yang tepat, ada baiknya jika Anda mempelajari masing-masing program asuransi jiwa tersebut. Dimana masing-masing program mempunyai kelebihan yang berbeda. Pilih salah satu program yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, atau di masa depan. Misalnya saja saja Anda ingin memperoleh manfaat secara double, maka Anda dapat memilih program asuransi jiwa unit link, selain memperoleh manfaat dari asuransi jiwa, Anda juga akan memperoleh manfaat investasi yang baik untuk keuangan keluarga.

2. Pilih yang sesuai budget

Hal berikutnya yang penting adalah, perhatikan besaran premi yang harus dibayar. Masing-masing program asuransi, tentunya mempunyai jumlah premi yang berbeda. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan besaran premi tersebut, untuk kemudian disesuaikan dengan keuangan bulanan yang keluarga Anda miliki.

Dalam memilih besaran premi sebaiknya pilih besaran yang tidak terlalu besar, sebaiknya gunakan hanya beberapa persen dari keuangan bulanan Anda. Hal tersebut dilakukan agar keuangan bulanan Anda tidak mengalami pembengkakan, akibat mengikuti program asuransi jiwa tersebut. Akan lebih lebih baik, jika Anda memilih biaya premi yang relatif rendah, namun dengan manfaat maksimal.

3. Lebih memahami manfaat dan besaran uang pertanggungan

Ketika akan menganggarkan uang secara tepat, untuk program asuransi, Anda perlu memahami manfaat produk dan juga besaran uang pertanggungan yang akan diberikan nantinya .
Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah biasanya semakin tinggi premi yang harus Anda bayar, maka hal tersebut akan berimbas pada manfaat yang akan didapat nantinya. Dalam hal ini uang pertanggungan yang akan dibayar kelak juga akan lebih besar. Jadi dalam hal ini, Anda perlu menanyakan lebih lanjut pada pihak asuransi secara langsung, agar kelak tidak terjadi kesalahpahaman. Tidak hanya Anda sebagai pemenang pols atau pihak tertanggung, naun juga pihak keluarga yang nantinya mungkin akan mencairkan polis tersebut.

4. Memilih produk dengan layanan terbaik

Dalam memilih produk asuransi, pastikan layanan yang diberikan oleh pihak asuransi baik. Salah satu yang dinilai penting adalah adanya layanan pelanggan selama 24 jam. Jadi ketika terjadi sesuatu, maka pihak pelanggan atau dalam hal ini pihak nasabah, akan mudah mencari informasi akan produk investasi tersebut, dalam hal ini asuransi jiwa secara lebih baik.

Demikianlah beberapa informasi tentang pentingnya melek asuransi #asuransilifepal yang perlu Anda ketahui. Terbilang sepele, namun hal-hal seperti ini akan membuat Anda jadi lebih mengetahui betapa pentingnya mengikuti program asuransi jiwa, demi melindungi diri sendiri dan juga keluarga tercinta, yang mungkin saja ditinggalkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.