3 Cara Membuat Absen di WhatsApp Beserta Manfaatnya

cara membuat absen di whatsapp

Ternyata cara membuat absen di WhatsApp grup atau personal sangatlah mudah. Secara umum, membuat daftar hadir di aplikasi chatting tersebut sebenarnya sama saja dengan berkirim pesan seperti biasa. Meski terbilang mudah, namun masih banyak pengguna WhatsApp yang belum mengetahui caranya. Lalu bagaimana cara membuatnya? Dan apa saja manfaatnya? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah artikel berikut ini:

3 Cara Membuat Absen di WhatsApp

Di masa pandemi, banyak orang yang melakukan rutinitas pekerjaan secara jarak jauh menggunakan aplikasi WhatsApp. Sehingga dibutuhkan absensi sebagai bukti fisik kehadiran. Ada tiga cara untuk membuat daftar hadir atau absensi  di aplikasi WhatsApp, yaitu sebagai berikut:

1. Ketik Pesan Biasa di Grup

Cara pertama untuk membuat absen ini sangat mudah. Dengan mengetik pesan biasa dan mengirimkannya ke grup. Lalu para anggota yang mengisi absen akan menyalin pesan dan menempelkannya kembali ke dalam forum chatting. Agar lebih jelas, bacalah beberapa tahapan di bawah ini:

  • Langkah pertama dengan membuka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian cari dan masuk ke pesan grup yang anggotanya akan di absen.
  • Selanjutnya, silahkan buat list daftar anggota dengan mengetikan pesan seperti biasa. Misalnya “Absensi Siswa tanggal 5 Januari 2022. Kemudian tekan enter untuk memberi jarak, lalu ketik angka 1. Nama siswa, 2. Nama siswa..3.. dst.
  • Terakhir, klik Kirim.

Salah satu kekurangan metode ini adalah terjadinya tumpang tindih pesan. Kondisi ini dapat terjadi apabila di saat waktu yang bersamaan dua anggota atau lebih menyalin list absen dan mengetik nama mereka. Sehingga, pesan menjadi tumpang tindih.

2. Kirim Secara Personal

Sementara untuk cara kedua, dilakukan apabila tidak memiliki grup saat ingin membuat daftar absensi. Caranya dengan mengirim absensi secara personal ke teman kontak WhatsApp. Agar lebih praktis dan tidak repot, bisa dengan memanfaatkan fitur Siaran Baru. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, ketuk 3 titik di pojok kanan atas.
  • Lalu akan tertera beberapa pilihan opsional, silahkan pilih dan klik opsi Siaran Baru.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan kontak WhatsApp, silahkan centang kontak yang ingin di kirim pesan list absen.
  • Setelah itu, tulis list absen seperti cara pertama.
  • Jika sudah selesai, klik Kirim.

Pesan hanya akan dibaca ketika kedua belah pihak telah menyimpan kontak masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memeriksa daftar kontak yang baru disiarkan, pastikan penerima pesan telah menyimpan kontak pengirim. Tampilan Siaran Baru serupa dengan membuat grup baru. Namun, absensi online  ini terkirim secara personal.

3. Beri Tanda Ceklis di Tiap Nama

Cara terakhir yaitu mengetik semua nama anggota dalam satu pesan WhatsApp. Kemudian, para anggota yang akan di absen harus memberikan tanda ceklis di samping namanya. Bila tidak hadir, bisa terlihat dari tidak adanya tanda centang. Metode ini bisa menghindari terjadinya tumpang tindih pesan.

Manfaat Absensi di WhatsApp

WhatsApp sering digunakan sebagai media absensi online. Ini karena pengguna telah memperoleh manfaat yang cukup besar. Beberapa manfaat absensi di WhatsApp antara lain:

  • Secara real time, pengguna dapat memeriksa daftar kehadiran anggota.
  • Proses absensinya pun tidak rumit.
  • Pencarian pesan dapat diselesaikan lebih cepat.

Demikianlah informasi tentang 3 cara membuat absen di WhatsApp beserta manfaatnya. Setiap cara memiliki kekurangannya masing-masing. Sebaiknya, sematkan pesan absensi di grup WhatsApp agar semua anggota tidak ketinggalan informasi akibat pesan yang bertumpuk. Mudah bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.