6 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP

Terkadang saat menggunakan HP, sinyal mendadak hilang begitu saja. Namun, Anda tidak perlu panik karena ada cara mengatasi sinyal hilang di HP yang cukup mudah untuk dilakukan.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara mengatasi sinyal hilang di HP khususnya pada ponsel Android. Jadi Anda tidak perlu membawanya ke tukang servis apabila kondisinya tidak terlalu parah.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP

1. On/Off Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi hilangnya sinyal pada HP adalah dengan mengaktifkan mode pesawat terbit dahulu. Setelah diaktifkan selama beberapa detik, baru dinonaktifkan lagi.

Dari situs EzTekno.com mengatakan bahwa cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan karena ponsel bisa melakukan restart pada jaringan yang digunakan. Apabila terjadi masalah atau hilang sebelumnya, biasanya akan kembali lagi ke pengaturan awal.

Biasanya hanya dengan menggunakan cara ini saja, sinyal yang awalnya hilang bisa kembali lagi. Namun jika masalahnya terjadi pada jaringan pusat seperti adanya cuaca buruk, lebih baik menunggu hingga sinyal muncul.

2. Lepas dan Pasang SIM Card

Beberapa orang ada yang mencoba untuk melepas lalu memasang lagi SIM card yang mereka gunakan. Biasanya, hilangnya sinyal bisa terjadi karena pemasangannya yang tidak sempurna.

Jadi coba lepas terlebih dahulu kartu SIM yang digunakan. Selain itu, pasang lagi atau bisa juga ditukar posisinya antara SIM 1 dengan SIM 2 untuk melihat reaksi yang terjadi.

3. Restart HP

Cara mengatasi sinyal hilang di HP selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada ponsel yang Anda gunakan terlebih dahulu. Tekan tombol power selama beberapa saat agar mati lalu menyala kembali.

Restart dilakukan pada HP untuk mengembalikan kondisi bermasalah yang muncul. Saat ponsel menyala, maka kondisinya akan kembali baru termasuk kembalinya sinyal yang sebelumnya bilang.

Cara ini bisa diterapkan di semua jenis ponsel, khususnya untuk Anda yang menggunakan Android. Prosesnya instan dan kemungkinan besar akan langsung mengembalikan kondisi sinyal dengan cepat.

4. Menuju Kawasan yang Bersinyal

Terkadang di beberapa daerah yang ada di Indonesia khususnya yang terpencil, sinyal yang dimiliki oleh HP memang hilang. Jadi mau tidak mau harus menggunakan jenis waktu tertentu yang ada di sana.

Apabila sinyal hilang pada HP dikarenakan Anda berada di kawasan yang susah sinyal, berarti harus pergi ke kawasan yang lebih dekat ke kota. Tujuannya agar bisa menikmati internetan atau bisa menerima telepon.

5. Cek Masa Berlaku Kartu

Sinyal hilang pada ponsel biasanya terjadi juga karena kartu sudah tidak bisa digunakan lagi atau memasuki masa tenggang. Apabila masa tenggang tetap dibiarkan, lama-kelamaan isinya akan hilang dengan sendirinya.

Untuk mengatasi masalah ini cukup sulit untuk dilakukan karena harus mengganti kartu yang digunakan. Selain itu, ada juga kemungkinan nomor yang dipakai sebelumnya tidak bisa digunakan lagi.

6. Ke CS Operator Terdekat

Apabila beberapa cara yang sudah dibahas di atas tidak juga mengatasi masalah sinyal hilang pada HP, disarankan untuk menghubungi customer service atau langsung datang ke kantor cabang terdekat di kota Anda.

Biasanya akan dilakukan proses pengecekan oleh teknisi di sana untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada kartu yang dipakai. Jika masalah terjadi pada kartu, biasanya akan dilakukan proses penggantian.

Sebelum ke sana, siapkan terlebih dahulu beberapa berkas seperti KTP. Jadi akan memudahkan Anda untuk melakukan proses verifikasi.

Cara mengatasi sinyal hilang di HP sebenarnya tergantung dengan penyebabnya. Apabila penyebabnya gangguan pada jaringan, cukup lakukan restart atau mode pesawat dan jika rusak hardware maka harus diservis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.