5 Cara Scan QR Code Telegram Paling Mudah

Cara Scan QR Code Telegram Paling Mudah

Pandemi di Indonesia belum berakhir, sehingga aktivitas belajar mengajar masih memanfaatkan media yang menunjang. Salah satunya adalah Telegram yang dapat digunakan untuk kelas dengan kapasitas banyak. Apalagi mengingat kelebihannya yang juga dapat menyimpan file agar tidak mudah hilang, orang pun bisa memasangnya di PC/Laptop/komputer. Namun hal ini dilakukan asal tahu cara scan qr code Telegram.

Cara Scan QR Code Telegram Paling Mudah

Melalui hal tersebut, maka pengajar dan yang diajar akan secara leluasa menggunakan Telegram di PC/Komputer. Yuk ketahui bagaimana cara mudah scan qr code seperti berikut ini:

1. Download Aplikasi Telegram

Sebelum mengunduh Telegram, sisakan sebagian ruang kosong di ponsel sesuai dengan kapasitas besarnya aplikasi. Cari Play Store yang merupakan aplikasi bawaan di ponsel, klik Play Store. Di halaman awal terdapat beberapa menu seperti game, aplikasi, film dan buku lalu pilih aplikasi.

Ketikkan Telegram pada kolom penelusuran, barulah setelah muncul hasilnya langsung klik tulisan install. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai sampai 100%. Tidak perlu download Telegram jika sudah memiliki aplikasinya di ponsel.

2. Buka Aplikasi Telegram

Selanjutnya, buka aplikasi Telegram sampai muncul halaman awal. Jika belum memiliki Telegram, maka bisa dengan cara mendaftar akun terlebih dahulu menggunakan nomor ponsel.  Terdapat menu, kunci dan kolom penelusuran pada halaman awal aplikasi. Tersedia pula menu new group, kontak, panggilan, settings, people nearby, invite Friends,  dan saved messages.

3. Cari Qrcode Bot

Di kolom penelusuran, ketikkan Qrcode Bot lalu cari sampai muncul beberapa. Pilih salah satu bot yang keluar agar mengetahui cara scan qr code Telegram selanjutnya. Ada tulisan what can this bot do, lalu pada bagian bawah ada tulisan start langsung tekan. Tulisan Great! Just send me a text to generate QR-code or send me a picture of QR code to decode it menunjukkan jika pengguna bisa memulai untuk mendapatkan kode.

Ketikkan make Qrcode Bot pada bot, lalu tekan tombol send. Tidak perlu menunggu banyak waktu, pasalnya hanya sedetik saja, maka pesan akan terkirim dan barcode akan dikirimkan sebagai balasan. Simpan pada galeri atau membintangi pesan agar barcode tidak hilang.

4. Buka Laptop

Hal selanjutnya perlu dilakukan adalah buka laptop. Lalu install aplikasi Telegram pada laptop, barulah setelahnya buka aplikasi tersebut. Bisa juga dengan mengakses link https://web.telegram.org/k/ dengan mencarinya lewat Google/Chrome di laptop. Siapkan barcode yang telah disimpan di galeri atau langsung buka kolom chat di Qrcode bot.

5. Masuk Ke Akun Telegram Dengan Barcode

Pengguna masuk ke akun Telegram yang dimiliki dengan barcode yang didapat. Masuk ke akun menggunakan barcode yang tadi sudah disimpan. Cari opsi perangkat pada bagian menu untuk memindai dan menscan barcode Telegram. Tempelkan barcode sedekat mungkin dengan laptop agar  bisa terbaca.

Scan barcode tidak membutuhkan banyak waktu, sehingga tidak perlu menunggu lama. Otomatis akan langsung masuk ke akun Telegram yang telah dibuat sebelumnya. Namun tenang saja, karena data-data yang ada di Telegram tetap bisa diakses seperti sebelumnya.

Itulah cara scan qr code telegram yang bisa diikuti jika memerlukannya. Ingat, sebelum mengikuti langkah-langkah di atas pastikan jika data seluler berfungsi dengan baik. Jaga dan simpan barcode Telegram dengan baik, jangan sampai dimanfaatkan orang untuk hal-hal yang buruk. Bijaklah dalam menggunakan aplikasi satu ini dan tidak menyalahgunakannya untuk kepentingan yang tidak baik.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.