3 Cara Membuat Jadwal Shutdown Komputer Windows 10 Dengan Mudah

Dalam beberapa kondisi, pengguna komputer tidak dapat mematikan komputer secara manual. Hal tersebut bisa terjadi karena ada sebuah project atau sedang mengunduh sesuatu yang membutuhkan waktu lama sehingga pengguna harus membiarkan komputer tetap menyala. Hal tersebut dapat diatasi dengan membuat shutdown otomatis. Cara membuat jadwal shutdown komputer Windows 10 juga sangat mudah.

Untuk melakukannya ada beberapa cara yang bisa dipakai. Cara tersebut sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah, namun hal ini mungkin masih asing bagi Sebagian orang. Oleh sebab itu jika ingin membuat jadwal shutdown otomatis pada komputer simak cara berikut ini:

Menggunakan Task Scheduler

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membuat jadwal shutdown pada Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan yang bernama Task Scheduler. Penjadwal tugas ini dapat digunakan untuk menjadwalkan shutdown otomatis pada komputer hanya dalam satu kali klik. Untuk menggunakan Task Scheduler simak cara berikut:

1. Membuka Task Scheduler

Untuk bisa membuka Task Scheduler pengguna bisa menemukannya pada menu menu Start. Kemudian pada kolom search ketik Task Scheduler untuk menemukan aplikasi tersebut. Klik pada aplikasi tersebut untuk membukanya.

2. Membuat Jadwal

Setelah berhasil membuka Task Scheduler selanjutnya adalah membuat jadwal baru. Cara membuat jadwal shutdown komputer Windows 10 dengan aplikasi ini pengguna bisa klik pada ‘create basic task’. Kemudian masukkan nama dan deskripsi tugas, lalu klik next.

Setelah itu masukkan waktu untuk menjalankan tugas tersebut apakah harian, mingguan, bulanan dan sebagainya, lalu klik next. Masukkan tanggal serta waktu kapan tugas tersebut dilaksanakan. Kemudian pada bagian ‘action’, pilih ‘start a program’.

3. Memasukkan Perintah

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan perintah pada kolom ‘program/script’. Untuk melakukannya klik browse dan cari ‘shutdown.exe’. Lalu pada kolom ‘add argument’ ketik ‘-s -t 600’. Jika sudah klik next dan finish untuk menyelesaikan.

Menggunakan Aplikasi Run, Command Prompt Atau PowerShell

Selanjutnya aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk membuat jadwal shutdown otomatis pada Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi Run, Command Prompt dan PowerShell. Ketiganya dapat digunakan dengan menggunakan cara yang sama. Cara membuat jadwal shutdown komputer Windows 10 dengan ketiga aplikasi ini adalah dengan memasukkan perintah ‘shutdown -s -t 600’.

Mematikan Komputer Menggunakan Aplikasi Tambahan

Untuk mematikan komputer secara otomatis pengguna Windows 10 bisa juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan. Untuk melakukannya pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan membuat jadwal sesuai kebutuhan. Tampilan yang interaktif dan mudah digunakan membuat aplikasi semacam ini juga banyak digunakan. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan:

1. Windows Shutdown Assistant

Cara yang bisa digunakan untuk membuat shutdown otomatis adalah dengan menggunakan bantuan software Windows Shutdown Assistant. Software yang satu ini juga data digunakan untuk mengatur tugas lain secara otomatis. Cara membuat jadwal shutdown komputer Windows 10 dengan software ini pengguna harus mengunduh software tersebut.

Tak perlu khawatir sebab software ini memiliki masa trial yang bisa digunakan secara gratis. Setelah itu jalankan aplikasi. Kemudian pada bagian ‘step 1:trigger’ memasukkan jadwal shutdown yang diinginkan setelah itu klik start. Dengan demikian jadwal shutdown otomatis sudah selesai dibuat.

2. Wise Auto Shutdown

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat jadwal shutdown otomatis adalah Wise Auto Shutdown. Aplikasi ini memiliki tampilan yang interaktif sehingga sangat mudah untuk dipakai. Cara membuat jadwal menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

Pengguna hanya perlu menjalankan aplikasi, kemudian pada menu shutdown pilih ‘select a task’. Kemudian pengguna bisa memasukkan jadwal shutdown yang diinginkan. Perintah otomatis lain juga bisa dibuat di aplikasi ini seperti auto restart, auto sleep hingga auto log off.

Itu tadi adalah berbagai cara membuat jadwal shutdown otomatis pada komputer. Cara membuat jadwal shutdown komputer Windows 10 bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan. Dengan membuat perintah secara otomatis seperti ini tentunya dapat mempermudah pekerjaan pengguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.