4 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Auto Banjir Orderan!

4 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Zaman sekarang, Anda bisa melakukan bisnis online di banyak jenis kanal baik melalui website, e-commerce, media sosial, sampai dengan cara jualan online laris di WhatsApp atau WA. Ya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengiriman pesan sebagai kanal chat commerce untuk jualan online.

Dengan menggunakan kanal WA, Anda bisa menjangkau pasar melalui pengiriman pesan langsung dan instan kepada konsumen target yang ingin Anda tuju. Terlebih, kanal WA cenderung lebih mudah digunakan oleh segala jenis kalangan dan sangat ideal untuk menjangkau para pelanggan.

Lalu, bagaimana saja cara yang bisa Anda lakukan agar bisa berjualan secara efektif via aplikasi WA? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Pada dasarnya, WA memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengirimkan pesan maupun untuk menawarkan jualan kepada kontak pelanggan.

Maka dari itu, Anda perlu mengupayakan fitur yang tersedia dengan sebaik-baiknya agar penjualan online bisa terlaksana secara optimal. Selain itu, Anda juga perlu melakukan berbagai tindakan strategis yang bisa membuat produk jualan laris dengan cara sebagai berikut.

1. Tentukan Satu Nomor Khusus untuk Berjualan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan nomor kontak pribadi dan nomor bisnis. Tujuannya, agar akun WA Anda jadi tampak lebih profesional, terstruktur, dan tidak bercampur baur dengan urusan pribadi Anda.

Di sisi lain, tindakan pemisahan nomor tersebut juga berguna untuk mempermudah urusan Anda dalam membedakan pesan dari kerabat dekat dan pelanggan.

Dengan begitu, Anda tidak akan lagi mengalami kewalahan dalam mengirimkan pesan promosi atau broadcast, membalas pesan, membuat stories tentang produk jualan, dan lain sebagainya.

2. Beralih ke Akun WhatsApp Business

Cara jualan laris di WA yang kedua adalah dengan membuat atau beralih dari mode akun biasa menjadi akun bisnis (business account). Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengiriman pesan khusus yaitu WhatsApp (WA) Business API.

WA Business sudah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin melakukan kegiatan bisnis. Fitur yang tersedia di WA Business API sangat membantu mempermudah proses transaksi dan promosi secara efektif, terintegrasi, serta efisien.

Bahkan, Anda bisa terhubung dengan jenis aplikasi-aplikasi lain seperti Facebook, email, Instagram, dan aplikasi lainnya untuk mempermudah komunikasi antara penjual dengan pelanggan.

3. Melakukan Manajemen Kontak

Salah satu cara jualan online laris di WhatsApp yang berikutnya adalah dengan menawarkannya kepada calon konsumen yang tepat. Dengan begitu, apapun jenis produk yang Anda jual akan tetap habis terjual jika di promosikan kepada orang-orang yang tepat.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan manajemen kontak pelanggan menjadi beberapa kategori yang Anda inginkan. Melalui pengelolaan tersebut, Anda bisa memilih kontak mana saja yang bakal menjadi calon konsumen potensial dan kontak mana yang sudah tidak aktif dalam waktu lama.

Jika sudah, Anda bisa membagikan stories, broadcast, atau pesan kampanye kepada kontak potensial agar produk jualan Anda bisa dilirik oleh orang yang tepat.

4. Iklankan Bisnis Anda tanpa Terkesan Spam

Selama melakukan bisnis dengan metode chat commerce, mau tak mau Anda harus melakukan promosi jualan kepada pelanggan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan kepada pelanggan bahwa Anda sedang menjual produk dengan brand tertentu.

Jika Anda memiliki informasi bisnis yang lain seperti lokasi toko fisik, nama toko di e-commerce, website, dan lain-lain, silakan cantumkan di bagian bio akun WhatsApp Business Anda agar pelanggan bisa lebih percaya dengan kredibilitas bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat tautan khusus yang mengarah ke profil WA bisnis di semua kanal media sosial yang Anda miliki.

Dari sekian cara jualan online laris di WhatsApp yang telah dijabarkan di atas, apakah Anda punya pendapat atau cara jitu yang lain?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.