Cara Mengirim Aplikasi Android Ke Laptop dengan Kabel Data

cara mengirim aplikasi android ke laptop

Ternyata ada beberapa aplikasi Android yang bisa diaktifkan dan di install pada perangkat laptop. Ada cara mengirim aplikasi Android ke laptop sehingga aplikasi tersebut bisa diaktifkan di laptop. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kabel data. Memindahkan file dengan kabel data merupakan cara yang terbilang banyak dilakukan.

Cara Mengirim Aplikasi Android Ke Laptop dengan Kabel Data Mudah

Cara ini banyak dilakukan karena  mudah, cepat, dan bisa dilakukan tanpa sambungan internet. Ternyata tidak hanya sekedar file seperti foto atau dokumen saja yang bisa dipindahkan dengan kabel data, para pengguna perangkat juga bisa memanfaatkan kabel data ini untuk memindahkan aplikasi dari smartphone Android ke laptop. Begini cara yang harus dilakukan untuk memindahkannya:

1. Siapkan Kabel Data, Smartphone, dan Laptop

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kabel data, smartphone Android yang memiliki data aplikasi, dan laptop yang menjadi tujuan pemindahannya. Jenis port yang ada di kabel data harus sesuai dengan yang ada di smartphone Android dan di laptop. 

Jadi, kabel data bisa dipasang baik di smartphone maupun di laptop. Tes dulu dengan cara menyambungkan kabel data di kedua perangkat. 

2. Sambungkan Kabel Data di Smartphone dan Laptop

Cara mengirim aplikasi Android ke laptop selanjutnya adalah menyambungkan laptop dan smartphone melalui kabel data. Pasangkan lebih dahulu kabel data ke smartphone dan kemudian baru pasang ke laptop.Urutan pemasangan ini akan memudahkan proses pembacaan data dari smartphone ke dalam laptop. 

Jangan lupa untuk berikan izin pada laptop agar dapat mengcopy dan memindahkan data yang ada di dalam smartphone ke laptop. 

3. Buka File Manager yang Ada di Dalam  Laptop 

Setelah kedua perangkat sudah disambungkan dengan kabel data. Kemudian, izin akses di kedua perangkat juga sudah diberikan. Selanjutnya, pengguna bisa membuka menu file manager yang ada di dalam laptop untuk mencari file smartphone. File smartphone biasanya ada di disk tambahan dan muncul di tampilan awal file manager. 

4. Cari Folder yang Menyimpan File Aplikasi 

Setelah file smartphone sudah ditemukan, buka file tersebut. Kemudian, cari folder yang menyimpan file aplikasi yang ingin disimpan. Agar memudahkan proses pencarian di file laptop. Lebih baik, pengguna memisahkan file aplikasi di folder tersendiri sehingga lebih mudah ditemukan ketika smartphone sudah tersambung dengan laptop. 

5. Copy File Aplikasi yang Ada di Aplikasi 

Setelah menemukan file aplikasi yang ingin di copy. Para pengguna bisa mengcopy aplikasi tersebut dengan fitur copy. Jika, pengguna ingin benar-benar memindahkan aplikasi dari smartphone ke laptop. Lebih baik dipilih fitur cut saja, jadi setelah dipindahkan file aplikasi akan menghilang dari memori smartphone. 

6. Paste File Aplikasi yang Sudah Dicopy atau Dicut 

Setelah file aplikasi dicopy atau dicut di file memori smartphone. Para pengguna bisa langsung berpindah ke file atau folder lain yang ada di file komputer. Kemudian, tekan tombol paste. Maka aplikasi yang sudah dicopy maupun di cut sebelumnya akan berpindah ke folder yang ada file komputer. 

Setelah proses pemindahan berhasil, pengguna bisa langsung meng eject atau melepas sambungan antara memori smartphone dan memori laptop. Akan lebih aman, pengguna untuk menginstall aplikasi di laptop setelah sambungan antara smartphone dan laptop diputuskan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Bisnis Online yang Perlu Dimaksimalkan Penggunaannya 

Itulah cara mengirim aplikasi Android ke laptop dengan memanfaatkan kabel data. Pemindahan kabel data ini merupakan cara yang mudah, cepat, dan praktis untuk memindahkan file aplikasi dari smartphone ke laptop. Pengguna tidak memerlukan jaringan internet atau sambungan lain untuk memindahkan file.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.