Cara Mengatasi Setting Tidak Bisa Dibuka Di Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Pemakai Windows tentunya cukup paham, kalau menu dalam pengaturan perangkat lunaknya adalah pusat sistem. Sebab ketiadaan menu pengaturan tersebut dapat menyulitkan sistem pengoperasiannya. Tentunya akan sangat merepotkan aplikasi tersebut, apabila pengaturannya susah dibuka. Untuk itu diperlukan cara mengatasi setting tidak bisa dibuka di windows 10.

Tips Mengatasi Permasalahan Umum Pengguna Windows

Tentunya berbagai permasalahan perlu diketahui sebelumnya, sehingga memudahkan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dimulai dengan terkendala dengan akses administrator, yang mengakibatkan aplikasi Windows tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya antara lain:

1. Ganti Kepemilikan Di Drive C

Pertama adalah dengan mengganti kepemilikan pada drive C nya. Diawali dengan membuka Windows Explorer, klik direktori this PC, lalu mengklik kanan pada drive C. Kemudian pilihlah properties dan segera masuk ke tab Security.

Klik Selanjutnya yang terletak pada bagian bawah layar, pilih opsi pemilik lanjutkan mengklik Change. Kemudian masuklah ke menu pengguna ataui Group Window dan mengklik Selanjutnya. Lalu mengklik tombol FindNow, lanjutkan pilih Administrator dan klik OK. Selanjutnya ceklis opsi Replace Owner on subcontainer objects dan OK.

Pengguna juga membuat akun baru dengan memanfaatkan LUSRMGR. Dimulai dengan membuka dialog RUN. Setelah itu ketikkan lusrmgr.msc, sehingga dapat membuka snap-in untuk Local Users dan Groups. Terus pilih NEW USER, selanjutnya isi data informasinya untuk pembuatan akun baru lalu klik OK.

2. Mengaktifkan Filternya

Untuk mengatasi setting tidak bisa dibuka di windows 10 pada start menunya, pengguna dapat mengeditnya dalam rules yang terdapat dialam system registry. Diawali dengan membuka registry editor, dilanjutkan menekan tombol Ctrl+R dan ketik regediter>enter. Kemudian masuk ke menu direktorinya. Jika Filter Administrator Tokennya tidak ditemukan, maka pengguna dapat membuatnya dulu.

Dapat juga dengan menScan System File Checker, dimulai dengan meng-klik Start menu»ketik Command Prompt (CMD)»More»Run as Administrator. Lalu, pengetikan perintah sfc»Enter dan tunggu beberapa saat. Selanjutnya restart perangkat PC atau laptop tersebut.

3. Update Aplikasi

Kebanyakan aplikasi yang out date atau versi lama, dapat menjadi penyebab tidak bisa dibukanya Windows 10. Dapat juga disebabkan sudah tidak kompatibelnya aplikasi tersebut dengan versi Windows 10. Maka, cara paling jitu untuk solusinya adalah mengupdate ke versi yang lebih baru.

4. Reinstall Aplikasi

Cara lain untuk mengatasi setting tidak bisa dibuka di windows 10 adalah reinstall. Maksudnya pengguna harus menghapus terlebih dulu aplikasi lamanya, lalu install kembali dengan versi terbarunya. Salah satunya dengan memanfaatkan administrative Windows dengan PowerShell.

Disarankan menggunakan aplikasi uninstaller, seperti CCleaner maupun Revo Uninstaller, untuk membersihkan sisa-sisa dari file yang mungkin masih tertinggal. Tunggu proses hingga selesai, lalu tutup Windows PowerShell dan reboot komputernya.

5. Update Windows 10

Agar fitur-fitur dalam Windows 10 optimal kinerjanya, maka update setiap minggu atau bulan. Sebaiknya dilakukan secara rutin. Sehingga sistem aplikasi yang ada di dalamnya tetap aman, terjaga dan dapat optimal kinerjanya. Selain itu juga bermanfaat untuk menutupi bug dan celah keamanannya, yang kemungkinan menjadi penyebab timbulnya masalah.

6. Reset Cache Microsoft Store

Pengguna bisa mencoba dengan melakukan reset cache di Microsoft Store. Tujuannya agar file yang telah rusak dalam cache atau korup dapat terhapus dan settingan untuk Microsoft Store kembali ke default. Pembersihan cache bisa menggunakan disc cleaner atau ccleaner.

Nah, demikianlah cara mengatasi setting tidak bisa dibuka di windows 10. Tentunya dengan memahami berbagai kemungkinan yang menjadi terganggunya kinerja sistem tersebut. Sehingga membantu pengguna menyelesaikan dengan tepat dan cepat Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.