Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung
Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung – Samsung termasuk salah satu brand smartphone yang cukup berjaya hingga saat ini. Terbukti HP Samsung selalu menduduki urutan yang pertama untuk soal penjualan perangkat smartphone setiap tahunnya. Tidak heran, HP Samsung juga dibekali dengan spesifikasi tinggi sehingga manjadi daya tarik bagi banyak orang.

Meski demikian, ada kalanya smartphone mengalami error saat dioperasikan. Misalnya saja muncul notifikasi “Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini” saat ingin menginstall aplikasi lewat Google Playstore. Lantas, bagaimana cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Samsung tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung

Munculnya notifikasi “Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini” atau “ Your device isn’t compatible with this version” di Google Playstore tidak hanya terjadi pada HP Samsung saja. Melainkan memungkinkan juga terjadi pada semua merek dan tipe HP android lainnya. Sementara untuk penyebabnya sendiri bisa dari banyak hal, yang pasti cara mengatasinya terbilang sangat mudah.

Adapun cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Samsung yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Hapus Cache dan Data Google Playstore

Cara yang pertama untuk mengatasi HP Samsung tidak kompatibel dengan aplikasi tertentu di Google Playstore, yakni dengan melakukan penghapusan cache dan penyimpanannya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama buka menu Pengaturan di perangkat HP.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Lalu cari dan pilih aplikasi Google Playstore.
  4. Selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan.
  5. Kemudian klik opsi Hapus Cache.
  6. Lanjutkan dengan klik Hapus Data, lalu konfirmasi dengan pilih OK.
  7. Selesai.

Update Google Playstore

Perangkat tidak kompatibel di Samsung juga bisa disebabkan Google Playstore yang belum diupdate ke versi terbaru. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  1. Pertama buka Google Playstore di perangkat HP.
  2. Kemudian klik Foto Profil di pojok kanan atas tampilan.
  3. Lalu pilih opsi Setelan.
  4. Lanjutkan dengan klik Tentang.
  5. Kemudian pada bagian Versi Play Store, Anda klik Update Play Store.
  6. Selesai.

Update Versi OS Android

HP Samsung yang tidak kompatibel dengan aplikasi tertentu di Google Playstore, juga bisa disebabkan karena OS Android yang digunakan merupakan versi lawas. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembaruan ke versi terbaru agar masalah tersebut teratasi. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda buka menu Pengaturan di perangkat smartphone.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan klik pada opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Unduh dan Install. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai mengecek versi OS Android yang tersedia.
  4. Jika memang terdapat versi OS Android baru yang tersedia, selanjutnya Anda klik Unduh Pembaruan.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudia klik Instal Pembaruan.
  6. Selesai.

Biasanya proses update OS Android ini memakan waktu lumayan lama, sekitar 10 hingga 15 menit. Untuk itu, pastikan sisa baterai HP Samsung milik Anda masih cukup untuk menyelesaikan update tersebut. Jika HP tiba-tiba mati saat dalam proses update perangat lunak, maka hal ini bisa mengakibatkan HP error, seperti bootloop atau yang lain sebagainya.

Itulah tadi cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Samsung yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.