Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Indosat

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Indosat

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Indosat – Indosat Ooredoo merupakan salah satu provider seluler yang cukup terkenal di Indonesia dan memiliki banyak peminat. Indosat sendiri menghadirkan beberapa jenis kartu operator di Indonesia, salah satunya yang paling laris yakni IM3 Ooredoo. Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih kartu dari Indosat, yakni karena harga layanan paket yang diberikannya yang terbilang murah.

Meski begitu, terkadang ada saja masalah error yang dialami oleh pengguna pada kartu Indosat Ooredoo miliknya. Misalnya saja koneksi internet dari kartu Indosat yang terkesan lambat alias lemot, khususnya saat diatur ke jaringan 4G. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan 4G yang lemot Indosat tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Indosat

Beberapa cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan sinyal jaringan 4G di HP dengan penggunaan kartu Indosat. Yang pasti cara ini bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi Anda yang masih awam. Adapun cara mengatasi jaringan 4G yang lemot Indosat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart pada HP

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah jaringan 4G Indosat yang lemot yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang HP. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk memperbaiki masalah jaringan yang ada pada HP. Bahkan setelah melakukan restart ini, beberapa error ringan lainnya bisa teratasi dengan mudah.

Selain itu, melakukan restart pada HP juga akan mempercepat performa kinejanya, sehingga HP menjadi lebih responsive saat digunakan. Caranya cukup dengan menekan tombol Power atau Daya pada HP, lalu pilih opsi Restart atau Mulai Ulang.

2. Melakukan Restart Jaringan di HP

Jika Anda tidak ingin melakukan restart HP, maka cukup restart jaringannya saja untuk mengatasi permasalahan sinyal yang lemot. Caranya sangat mudah, tinggal Anda usap layar dari atas ke bawah untuk menarik Quick Panel. Kemudian klik pada ikon Mode Pesawat atau AirPlane Mode untuk mengaktifkannya.

Tunggu beberapa saat, kemudian Anda matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Selanjutnya aktifkan data seluler di HP, biasanya sinyal HP akan kembali normal dan cepat.

3. Ubah Mode Jaringan di HP

Bisa jadi daerah tempat Anda tinggal saat ini belum tercover jaringan 4G Indosat dengan sempurna. Sehingga hal ini membuat HP tidak bisa terhubung ke jaringan 4G Indosat. Kalau pun terhubung, misal melakukan lock jaringan 4G, akan tetapi sinyalnya sangat minim dan lemot.

Untuk mengatasinya, lebih baik Anda ubah mode jaringan di HP ke jaringan tercepat di daerah Anda, misalnya saja jaringan 3G HSPA. Untuk melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Koneksi.
  • Kemudian pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM, baik SIM1 atau SIM2.
  • Lalu klik pada opsi Mode Jaringan.
  • Kemudian ubah ke mode 2G/3G atau 2G/3G/4G (otomatis).
  • Simpan.

4. Mengatur Ulang APN Indosat

Selain cara di atas, ada satu lagi cara paling ampuh untuk mempercepat sinyal Indosat di HP, yakni dengan menggunakan APN 4G tercepat. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Kemudian pilih opsi Nama Akses Poin atau APN.
  • Pilih SIM 1 atau SIM 2 yang ingin diubah APN-nya.
  • Kemudian klik Tambah yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya Anda sesuaikan dengan settingan APN 4G Indosat tercepat di bawah ini:

Nama: indosat Gaming

APN: indosatooredoo.com

Proxy: Kosongkan

Port: Kosongkan

Nama pengguna: indosat

Kata sandi: indosat

Server: 202.155.0.25

Mmsc: Kosongkan

Proxy mms: Kosongkan

Port mms: Kosongkan

MCC:510

MNC: 01

Jenis autentikasi: Kosongkan

Jenis apn: default,supl

Protokol Apn: ipv4

Protokol roaming apn: ipv4

  • Jika sudah, tinggal Anda simpan dan rasakan koneksi jaringan 4G Indosat yang lebih cepat.

Itulah tadi cara mengatasi jaringan 4G yang lemot Indosat Ooredoo paling ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.