Cara Menambah Font di Windows 10, Mudah Anti Gagal

Pengguna Windows 10 tentu sudah paham jika font bawaan yang dimiliki software ini tidak banyak. Namun, tidak perlu khawatir sebab pengguna bisa menambahkan font baru. Cara menambah font di windows 10 bisa diketahui dari ulasan berikut ini:

Cara Menambah Satu Font Baru

Sebenarnya untuk menambah satu font bisa dilakukan beberapa cara. Bisa dilakukan dengan menambah persatu font namun bisa juga dengan menambah banyak font sekaligus. Akan tetapi ada sedikit perbedaan cara di antara keduanya. Maka dari itu, akan dibahas terlebih dahulu cara menambah satu font baru di Windows 10:

1. Membuka File Font

Adapun cara menambah font di Windows 10 yang pertama adalah membuka File Font terlebih dahulu. Cara ini berguna sebagai langkah dalam menginstal font. Adapun format pada file ini biasanya berbentuk OTF atau TTF.

Untuk menemukan bagian ini, masuk pada folder this PC. Kemudian pilih download dan setelah itu sistem akan menunjukkan beberapa pilihan di dalamnya. Pengguna bisa klik salah satu file tersebut. Setelah itu masuk ke langkah yang kedua.

2. Menginstall File

Setelah memilih file font yang diinginkan maka selanjutnya adalah mengecek seperti apa bentuk dari font tersebut. Langkah ini bisa dipraktekkan dengan mengarahkan kursor dan klik bagian tersebut. Maka akan muncul preview font untuk melihat bentuknya. Jika sudah berkenan dengan font tersebut pengguna bisa langsung klik tombol install.

3. Menunggu Proses Install

Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat sehingga pengguna bisa menunggu prosesnya hingga selesai. Jika sistem sudah selesai menginstall, maka font tersebut sudah selesai terpasang. Namun, ada beberapa kasus dimana font yang sudah dilakukan install tersebut masih belum terpasang.

Jika terjadi permasalah tersebut, maka cara yang mudah adalah dengan melakukan restart program. Akan tetapi jika tetap tidak berjalan normal, bisa dengan merestart laptop sementara.

Cara Menambah Beberapa Font Sekaligus

Setelah membahas cara menambah font satu persatu, maka saatnya pengguna juga harus tau bagaimana caranya menambah banyak font sekaligus. Berikut cara yang bisa dipraktekkan dengan mudah oleh pengguna windows 10:

1. Membuka Menu Font Setting

Cara pertama yang wajib dilakukan adalah dengan membuka font setting. Adapun menu ini berada pada bagian menu start. Setelah itu pengguna akan melihat tampilan dari layar dimana pada bagian sisi kanan terdapat kolom add font.

2. Memindahkan Font Ke Add Font Dan Menginstalnya

Setelah pengguna berhasil menemukan setting font, kemudian pengguna bisa klik dan seret bagian tersebut yang berada di file explorer kebagian kolom add fonts. Mungkin proses ini bisa memakan waktu beberapa saat, maka dari itu pengguna bisa menunggunya beberapa saat. Setelah selesai Proses tersebut, maka pengguna bisa menemukan font yang baru diinstall tersebut pada bagian kolom available fonts.

3. Mengganti Atau Uninstall Font Jika Tidak Cocok

Jika font yang terpasang ternyata kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Pengguna bisa membatalkan atau mencabut pengaturan tersebut. Caranya adalah masuk pada bagian font setting, kemudian bisa memilih nama font yang ingin di lepas tadi. Lalu klik unistall dan sistem akan memproses hal tersebut. Namun perlu diingat saat font diunistall maka sepaket font di dalamnya ikut terhapus juga.

Demikian itu beberapa cara menambah font di Windows 10 yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Adanya variasi font bisa menambah semangat dalam mengetik. Pilihan font yang bermacam-macam juga bisa diperoleh pada Google Font, Dafont dan aplikasi sejenisnya. Jadi, tunggu apalagi segera eksplor berbagai bentuk font yang keren dan cantik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.