Firefox Sekarang Memungkinkan Anda Tahu Saat Anda Telah Diretas

Terbelit dalam pelanggaran data yang tak terhitung jumlahnya yang terjadi setiap tahun bukanlah masalah jika, tetapi kapan. Pelanggaran keamanan menjalankan keseluruhan dari lembaga pemeringkat kredit Equifax ke penjual panci dan roti , Panera , yang menjadi alasan mengapa fitur terbaru Firefox akan memberi tahu Anda secara langsung jika kata sandi Anda terpapar ke dunia peretas besar.


Awalnya diluncurkan dalam versi beta pada bulan Juni, Firefox Monitor memindai web untuk alamat email yang telah dikompromikan dalam berbagai peretasan. Ini didasarkan pada kemitraan dengan Have I Been Pwned , alat yang dikembangkan oleh pengembang Microsoft Troy Hunt yang secara diam-diam memantau pelanggaran sejak 2013. Namun, kemitraan situs web dengan Firefox akan memperluas jangkauannya secara signifikan. Laporan data Agustus Firefox menempatkan basis pengguna aktif bulanan browser di 250 juta.

Fungsi Firefox Monitor harus akrab bagi siapa saja yang menggunakan Have I Been Pwned. Setelah mendaftar, Anda memasukkan alamat email mereka ke dalam tab pencarian, dan alat referensi di seluruh skor akun yang disusupi yang tersebar di internet. Jika Anda sudah pwned, Monitor akan mengatakannya.

Meskipun kredensial Anda mungkin bocor karena pelanggaran, itu tidak berarti bahwa invasi besar-besaran terhadap privasi Anda tidak dapat dihindari. Firefox merekomendasikan menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun daring, yang bisa membosankan, tetapi ini adalah langkah yang berharga untuk menjaga informasi Anda. Selain itu, ada tindakan yang semakin umum seperti autentikasi dua faktor dan pengelola kata sandi seperti LastPass, Dashlane, dan Keeper yang membantu Anda mengatur kekacauan beberapa akun.

Dengan data yang semakin rentan terhadap tindakan jahat peretas, hal itu memunculkan pertanyaan apakah kata sandi suatu hari akan menjadi usang sepenuhnya karena kebutuhan. Setidaknya Firefox ada di sana untuk membantu sementara.


Show EmoticonHide Emoticon