Untuk Mencegah Robot Memberontak Di Masa Depan, Google dan OpenAI Bekerjasama

Robot merupakan benda buatan manusia yang memiliki kecerdasan buatan dan dengan berbagai bentuk seperti robot yang meyerupai manusia. Dengan kecerdasan AI membuat orang berfikir bagaimana jika robot dengan kecerdasan AI mempunyai potensi untuk menyebabkan robot melakuakn pemberontakan di masa depan. Mungkin pemikiran tersebut seperti di film-film tapi kecerdasan buatan mampu mengalahkan kita dalam game, yang pada awalnya dibuat dengan AI.


Dan juga tidak ada manusia yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, jadi yang terbaik ibarat kata adalah lebih baik mencegah daripada mengobati, dan hal ini yang sedang di laksanakan oleh Google dan OpenAI.

Yang bisa dilakukan oleh para penelitian sekarang adalah melakukan sebuah penelitian dan riset untuk mencegah hal itu terjadi. Dan kedua perusahaan ini sudah merilis sebuah artikel penelitian, yang berisi bahwa mereka mengatakan telah menemukan metode pemebelajaran mesin baru yang memerlukan isyarat dari manuisia, sebagai lawan untuk membiarakan mereka berfikir sendiri dan terkadang mampu menimbulkan resiko yang tidak diinginkan.

Contohnya pada artikel tersebut mengulas mengenai salah satu masalah utama yang berhubungan dengan AI yaitu saat mengetahui bahwa sebuah kecurangan terkadang dapat menjadi sebuah cara yang sangat efisien untuk mencapai hal yang maksimum. Hal itulah yang terjadi saat OpenAI menciptakan AI bermain game, dimana robot AI tersebut ditipu dengan mencetak poin dengan berkeliling di seputar lawan untujk menyelesaikan permainan.

Dengan menggunakan isyarat reward dari manusia, berlawanan dengan sistem reward otomatis selama tujuan utama tercapai. Masa depan AI sendiri dimana ia mampu berperilaku dengan cara yang sesuai dengan tujuan sambil memuasakan preferensi kita sebagai manusia. Tapi terdapat kekurangan dalam metode ini yaitu memerlukan banyak feedback dari manusia yang mungking belum ideal atau efisien.

Jadi perkembangan robot AI juga belum mencapai apa yang diinginkan oleh para peneliti. Dan masih banyak kekurangan yang harus ditambal sehingga tercepitanya robot buatan dengan kecerdasan AI yang dapat menyelesaikan suatu masalah.

Jika penciptaan robot AI ditujukan untuk membantu pekerjaan manusia sehingga hal seperti tidak terjadi tapi kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya, bisa saja robot AI yang tujukan untuk membantu manusia malah memberontak dan terjadi sebuah konflik seperti pada sebuah film hal seperti ini tidak bisa kita katakan tidak akan terjadi atau pasti terjadi. Itu semua mungkin saja maka dari itu mulai sekarang kedua perusahaan raksasa teknologi tersebut bekerja sama untuk mencegah hal itu terjadi di masa depan.

Hal ini juga kembali pada manusianya sendiri untuk apa mereka dibuat dan seperti pada film penyebab utama robot memberontak karena manusianya sendiri. Jadi sebelum itu terjadi dari sekarang kita sebagai manusia harus membuang perilaku dan pikiran apapun yang negatif.


Show EmoticonHide Emoticon