Raksasa E-Commerce China, JD.COM Kembangkan Mobil Pengirim Barang Otomatis

PLUTOTECHNO.COM – Di zaman sekarang teknologi sudah berkembang secara signifikan dan sekarang sudah mulai serba otomatis. Teknologi dengan kerja otomatis diharpakan dapat meringankan pekerjaan manusia. Sekarang perusahaan raksasa E-Commerce Tiongkok sedang kembangkan kendaraan pengantar otomatis. Kendaraan otomatis ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia.



Jingdong atau JD.com adalah perusahaan raksasa e-commerce dari tiongkok yang mengembangkan kendaraan otomatis tersebut. JD merupakan perusahaan e-commerce terbesar kedua di Tiongkok setelah Alibaba. Perusahaan ini telah mengumumkan telah bekerja sama dengan dua produsen mobil dari Tiongkok yaitu SAIC Maxus dan Dongfeng Motor Corporation untuk mengembangkan dan mengerjakana mobil berjenis van tanpa awak pertama di Tongkok yang bertugas untuk mengantarkan barang. Perusahan Jingdong sudah mengembangkan dua mobil van yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya utamanya.

Nantinya mobil van tanpa awak ini digunakan untuk mengirim barang dari pusat distribusi di seluruh Tiongkok ke alamat tujuan pengiriman. Mobil van tanpa awak ini yang dikembangkan oleh SAIC Maxus digadang-gadang mampu mengidentifikasi jalur mana yang memiliki hambatan dari jarak 150 meter dan dapat mengidentifikasi rute jalan mana yang tida ada hambatannya dan cocok untuk dilalui dengan menggunkana sistem radar, sensor dan sistem GPS.

Dengan hal tersebut dapat mempercepat pengirimina sekian persen dan meminimalisir terjebaknya pengiriman barang dikemacetan. Mobil van tanpa awak ini sudah lulus atau sukses melalui beberapa tes seperti perencanaan rute, menyalip kendaran, mengindari tintangan dijalan dan fungsi parkir secara mandiri dan otomatis. Tapi mobil van tanpa awak ini belum resmi diluncurkan atau digunakan secara resmi karena proyek tersebut amsih dalam tahap pengembangan dan masih banyak yang harus diteliti dan dianalisa karena proyek ini masih jauh untuk diluncurkan secara resmi.

Namun dengan susksesnya di beberapa tes hal tersebut menjadi salah satu kemajuan di proyek tersebut. Dan semakin membuat proyek tesebut mendekati kata rampung, kemungkinan beberapa tahun kedepan proyek ini rampung kalau semua tes berjalan lancar.

Perusahaan ini sebenarnya bukan kali pertamanya mengembangkan sistem pengiriman barang secara otomatis. Sebelumnya Jingdong memanfaatkan drone untuk mengirimkan barang secara online ke alamat pembeli yang berlokasi di pedesaan tepatnya di provinis Jiangsu, Tiongkok. Jingdong juga sebelumnya sudah menggunakan sebuah robot dan mobil tanpa sopir pada acara festival belanja yang diadakan pada 18 Juni 2017.

Dengan pemikiran ide dan inovasi yang diciptakan dan dikembangkan berharap dapat mengubah masa depan. Seperti pengiriman barang otoamtis dengan mobil van tanpa awak yang diharapkan dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi pengirimanan. Dan juga diharapkan hal tersebut dapat menggerakan para perusahaan teknologi untuk menciptakan ide dan inovasi teknologi baru yang dapat mengubah masa depan dan diharapkan teknologi yang diciptakan dapat membantu pekerjaan manusia.


Show EmoticonHide Emoticon