Dubai dan China Meluncurkan Robot Perkotaan Super Pintar

PLUTOTECHNO.COM – Nampaknya sekarang sudah beberapa kota sudah menggunakan jasa robot sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Mungkin kita membayangkannya akan terjadi di masa depan tapi di masa sekarang sudah ada beberapa kota yang meluncurkan robot super pintar ini adalah Dubai dan China. Dubai dan China Juni 2018 lalu sudah mulai meluncurkan robot untuk meringankan pekerjaan manusia. Apa saja robot yang diluncurkan oleh Dubai dan China?

1.The Robocop

Robot ini berbentuk seperti manusia dengan atribut topi hitam dan mata hitam hal tersebut ditunjukan untuk memberikan suasana yang menakutkan, robot ini ditugaskan di luar menara tertinggi di dunia , Burj Khalifa, di Dubai.


Robot ini diranang oleh PAL Robotics, yang bertujuan untuk bekerja sama dengan polisi dan memandu para wisatawan. “Robot ini bergabung dengan polisi Dubai untuk membantu warga dengan inovatif dan menarik, dan sekarang terletak di tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan,” Ujar PAL rbotics ke BBC selaku perusahaan yang merangcang robot tersebut .

Robot ini mampu memberikan informasi yang bermanfaat dalam beberbagai bahasa karena didukung oleh perangkat lunak yang bekerja didalamnya dan robot ini jgua dapat memandu orang ke tempat yang diinginkannya. Dan juga kamu dapat menghubungi pusat panggilan polisi di Dubai dengan robot ini dan terdapat mikrofon yang sudah terpasang di dalam robot tersebut dan juga robot ini dapat memberika layanana polisi lainnya, seperti membayar denda lalu lintas.

Robot in dirancang untuk menjadi bagian dari gerakan yang lebih luas untuk membantu membrikan layanan polisi untuk orang-orang yang membutuhkan di kawasan itu, dan juga akan terciptanya banyak kanotr polisi yang dikendalikan oleh komputer. Hal tersbut membuat pemerintah Dubai senang dan memberikan perintah untuk membentuk 25% pasukan robot pada tahun 2030 nanti.

Beberapa anggota polisi Dubai berkata ke pada BBC bahwa “Robot in dapat bekerja 24/7 dan mereka tidak akan meminta cuti, dan mampu bekerja setiap waktu”.

Profesor Ilmu Komputer di Universitas Sheffield, Noel Sharkey juga sudah bekerja sama dengan pemerintah Dubai dalam mengerjakan robot-robot ini. Noel Sharkey mengatakan “Robot-robot ini awalanya hanya diranvang untuk membantuk para lansia atau sebagai pemandu wisata,”. Dan dai berfikir bahwa harus ada tombol darurat yang akan mengirim lokasi kamu ke pihak polisi. 

Profesor Sharkey memprediksi bahwa robot-robotnya tersebut akan menjadi lebih pintar dan lebih kuat beberapa tahun kedepan, dan akan mengambil peran sebagai robot pengintai, dapat mendeteksi bahan peledak atau bahan berbahaya lainnya. Jika hal tersebut memang terjadi nantinya maka tugas polisi akan semakin ringan dan robot tersebut dapat meminimalisir tingkat kejahatan.

2.Robot E-Patrol Robot Seriff

Robot ini sudah diluncurkan di China, robot ini memiliki ciri-ciri tinggi 1.6m robot ini memenag terlihat biasa saja dengan bentuknya dan robot ini sudah bekerja di Stasiun Kereta Api Timur Zhengxhou di Henan. Robot ini dibekali dengan beberapa kamera dan kabarnya robot ini juga sudah memasang sensor on-board yang dapat mendeteksi api kecil.


Robot ini juga memiliki kemampuan mengenali wajah, yang membuatnya dapat melacak dan mengikuti orang yang diindikasi adalah seorang penajahat atau orang yang mencurigakan.

3.Taksi Drone dan Layanan Transfortasi Alternatif

Tepatnya di Dubai sudah mulai menguji coba Drone Taksi tak berawak dan Dubai berencana untuk segera meluncurkan sepeda hover hibrida yang akan membuat polisi agar lebih cepat dalam mencapai tempat darurat.


Sekarang juga sudah ada robot pengirim barang atau lebih tepatnya mobil pengirim barang tanpa awak. Mobil pengirim barang tanpa awak ini sudah di uji coba di China. Sehingga beberapa tahun kedepan harapannya kendaraan alternatif in dapat lebih efisien dan bermanfaat unutk manusia.

Itulah beebrapa robot perkotaan yang sudah diluncurkan dan di uji coba, walau rata-rata masih memilik kekurangan tapi hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa bisa jadi bebrapa tahun kedepan kota-kota sudah dipenuhi dengan robot super canggih dan pintar.


Show EmoticonHide Emoticon