Apa itu whatsapp? Sejarah Perkembangannya dan Fitur-fitrunya

PLUTOTECHNO.COM – Whatsapp adalah salah satu media sosial terpopuler dan memiliki pnegguna yang banyak didunia. Whatsapp tidak hanya digunakan untuk keperluan chatting dengan saudara dan teman, namun sekarang sudah mulai digunakan untuk keperluan bisnis dengan menggunakan whatsapp bisnis. Tapi sebelumnya apakah kamu tahu sejarah whatsapp? Apa itu whatsapp? Dibawah ini penjelasan mengenai apa itu whatsapp dan sejarah whatsapp.

Apa Itu WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan atau chatting instan untuk smartphone, jika kamu lihat kegunaan aplikasi ini maka hampir sama dengan SMS. Namun whatsapp tidak memerlukan pulsa hanya memerlukan koneksi internet.

Selain mengirim pesan aplikasi ini juga bisa mengirim berbagai file seperti video, foto dan file dokumen lainnya namun dengan batasan size pada file tersebut. Kamu juga bisa menambahkan foto profil dan melihat profil teman kamu yang juga menggunakan whatsapp. Kamu tinggal mendaftarkan nomor telepon kamu dengan mengikuti perintah pendaftarannya. Untuk menambahkan teman kamu tinggal menyimpan nomor kontak telepon teman kamu dan secara otomatis maka sudah muncul di aplikasi whatsapp namun dnegan syarat teman kamu juga harus sudah mendaftarkan nomor tersebut ke whatsapp.

Kamu juga bisa mengupdate status berupa foto, video dan tulisan, dan aplikasi ini terus mengalami update jadi akan muncul fitur-fitur baru yang siap memanjakan kamu selaku pengguna whatsapp. Untuk kamu yang ingin pergi ke tempat temanmu tapi tidak tahu alamat rumahnya tenang, pada whatsapp terdapat fitur share lokasi  jadi kamu tidak khawatir lagi tersesat karena sekarang sudah ada petunjuk jalan dari whatsapp berupa maps.

Disini kamu juga bisa megatur privasi akun kamu seperti siapa yang dapat melihat foto profil kamu, siapa yang dapat melihat status kamu dan juga terdapat fitur untuik melindungi privasi kamu jadi keamanan akun kamu terjamin. Dan juga kamu bisa membackup pesan jadi kamu tidak perlu khawatir pesan kamu akan hilang.

Kamu bisa mendownload aplikasi WhatsApp pada toko aplikasi seperti PlayStore. Aplikasi playstore sudah menjadi apliaksi bawaan pada setiap smartphone jadi kamu tinggal membuka playstore dan mencari aplikasi whatsapp dan tinggal kamu unduh. Dan bagi kamu penggua iOS kamu bisa mendownload aplikasi ini pada App Store.

Sejarah WhatsApp

Dilansir dari Wikipedia, Awalnya aplikasi WhatsApp ini dibuat untuk pengguna iPhone namun seiringnya perkembangannya whatsapp juga sudah tersedia untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone, Symbian dan sekarang sudah tersedia versi web-based nya. WhatsApp dibuat pada 24 Februari 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum yang pernah menjadi pegawai Yahoo. Awalnya Koum hanya memiliki modal sebesar $400.000 kemudian ia mengunjungi temanya yang bernama Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang pada saat itu baru berumur 7 bulan, Koum berfikir Toko aplikasi ini memiliki potensi yang tinggi. Lalu Fieshman membantu Koum dan mencarikan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia. Kemudian WhatsApp Inc pun sudah terbentuk.

Tetapi aplikasi whatsapp sendiri dibilang masih jauh dari kata rampung. Beberapa kali uji coba aplikasi whatsapp mengalami crash dan gagal berjalan seperti yang diharapkan. Dengan hal yang dialaminya tersebut membuat Koum putus asa dan berniat menutup perusahaannya dan berfikiran untuk mencari pekerjaan lainnya. Tapi Brian Acton memberikan dorongan dan motivasi untuk Koum agar bertahan untuk beberapa bulan lagi. Dan dari dorongan Brian Acton tersebut WhatsApp sudah melewati fase beta yang bisa dibilang cukup lama. Dan pada November tahun 2009 akhirnya WhatsApp resmi tersedia di App Store setelah melewati masa betanya.

Pada bulan Januari 2010 WhatsApp juga mulai menjajalkan aplikasinya ke BlackBerry Store dan kemudian Android pada bulan Agustus. Dan tercatat pada tahun 2015 sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 900 juta dengan angka pengguna yang fantastis WhatsApp pun menjadi salah satu aplikasi sosial media terpopuler di dunia dengan pengguna yang banyak. Hal tersebut membuat Facebook melirik aplikasi whatsapp sehingga pihak Facebook membeli WhatsApp Inc dengan biaya sebesar $19 miliar dan diterima oleh pihak WhatsApp Inc.

Dan Facebook juga tidak banyak merombak aplikasi whatsapp dan sekarang whatsapp sudah memiliki fitur yang dapat membantu penggunanya dalam menggunakan apliaksi ini dan selain selalu update secara maraton maka fitur-fitur baru dari whatsapp akan siap memanjakan kamu. Whatsapp Inc juga meluncurkan Whatsapp Bisnis dimana sekarang WhatsApp sudah berkembang pesat setelah di rangkul oleh Facebook dan juga memiliki fungsi lain selain hanya untukj chattingan yaitu fungsi yang bermanfaat untuk membantu berlangsungnya bisnis anda dengan menggunakan WhatsApp Bisnis.

Dan itulah penjelasan mengenai WhatsApp dan sejarahnya dari awal terciptanya dan sekarang sudah dibeli oleh Facebook. Aplikasi ini memang sederhana tapi menawarkan fitur yang kita butuhkan jadi membuat para penggunanya nyaman penggunakan aplikasi ini.


Show EmoticonHide Emoticon