5 Tips Mencegah Privasi dan Data Penting Anda Dicuri Ketika Online

Plutotechno.com - Internet sudah tidak usah saya jelaskan lagi di jaman modern ini siapa yang tidak tahu internet.Pengguna aktif internet mencangkup seluruh dunia, dan jika anda salah satu pengguna aktif internet maka kamu harus berhati-hati dalam menggunakan internet dan memanfaatkan internet untuk hal yang positif.

Karena di internet banyak sekali kejahatan cyber yang mengintai anda dari penipuan yang dilakukan dengan online oleh seseorang, dan masih banyak kejahatan didunai internet.Namun kali ini saya akan membahas tips melindungi privasi anda yaitu pencurian data pribadi kita atau data penting anda.



Banyak orang sangat ceroboh dalam menggunakan internet khususnya untuk mereka yang menggunakan media sosial.Mereka menaruh data pribadi atau data penting mereka pada media sosial yang mereka gunakan.Tapi mereka tidak tahu bahwa sistem keamanan privasi media sosial tersebut tidaklah seaman yang mereka kira.

Media sosial masih sangat rentah oleh pembobolan akun media sosial dan mencuri data pribadi mereka oleh pihak cyber yang tak bertanggung jawab.Namun memang bisa data pribadi kita bisa kita izinkan untuk dilihat oleh pihak lain tapi saran saya jangan menaruh data pribadi anda pada media sosial taruhlah data pribadi yang bersifat umum saja.

Namun anda tidak perlu khawatir karena semakin kesini sistem keamaan pada media sosial pun sudah mengalami perbaikan agar tidak bisa dibobol oleh orang lain.Dan dibawah ini ada 5 Tips Melindugni atau Mencegah Data anda Dicuri seperti berikut.

1.Hapus Informasi Pribadi atau Penting dari Media Sosial Anda


Seperti sara saya sebelumnya jangan enaruh data pribadi anda yang bersifat penting/privasi di media sosial anda.Namun kalau sudah terlanjur anda menaruh data anda ke media sosial anda tinga menghapus saja di beberapa media sosial seperti Facebook, Instagra, Twitter, dan lainnya memberikan tempat/menu untuk mengedit atau menghapus data anda.

Dan juga anda bisa memilih siapa saja yang dapat melihat aktivitas media sosial anda denegna mengubah Privasi dari Global ke Teman atau Hanya orang yang kita inginkan saja atau hanya saja yang dapat melihatnya juga bisa.

Dan anda juga bisa meng unfriend atau memutuskan peretmanan dengna orang asing atau orang yang tidak anda inginkan.berikanlah informasi identitas anda seminial mungkin di bagian “Tentang Saya” pada akun media sosial anda.Hal-hal tersebut adalah untuk mencegah dan melindungi data pribadi atau data penting anda tidak dicuri oleh orang lain dan disalah gunakan.

2.Periksa Pengaturan Privasi di Media Sosial Anda


Beberapa platform media sosial seperti Facebook telah banyak menerima keritikan miring karena mengubah sesuatu seperti persyaratan layanan tanpa diketahui oleh semua pengguna yang menggunakan platform tersebut.

Maka dari itu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, ubahalah pengaturan Facebook atau akun media sosial anda menjadi hanya teman atau orang yang hanya inginkan yang dapat melihat aktivitas akun anda.Anda jgua perlu memhami persyaratan layanan pada setian media sosila.

Ubahlah pengaturan akun media sosial anda menjadi privasi untujk data penting anda untuk mencegah hal yang itdak diinginkan.

3.Kata Sandi Kuat dan Aman


Mengapa kata sandi harus aman dan kuat karena untuk mencegah orang lain masuk ke akun anda dengan menggunakan kata sandi yang tidak aman dan kuat.Banyak orang mneggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun.Beralasan karena mudah untuk diingat padahal hal tersebutlah yang berbahaya karena apabila salah satu kata sandi dari akun diketahui atau berhasil di bobol maka mungkin saja akun lainnya juga bisa dibobol karena memiliki kata sandi yang sama.

Sedikit tips untuk memperkuat kata sandi anda yaitu dengan menambahkan satau angka, huruf besar, dan satu simbol yang bisa digunakan salah satunya yaitu simbol * .Contoh Plutotech38* cukup sederahana dan mudah untuk di ingat dan juga kuat.

4.Amankan Jaringan Komunikasi Anda


Anda bsia menggunakan VPN (Virtual Privacy Network) untuk mengenkripsi korespondensi online anda dan melindungi riwayat penulusaran anda.Dan anda juga bisa menggunakanSSH untuk emnyembunyikan privasi anda.

5.Cerdas Tentang Email Anda


Kejahat cyber berupa scammers email sering melakukan pencurian email.Maka dari itu berhati-hatilah dalam membuka email yang masuk di akun email anda.Jangan membuka link atau lamiparn email dari sumber yang tidak diketahui.Karena jika anda membukanya email anda bisa saja dibobol oleh orang lain dan diambil alih.

Dan juga jangan menanggapi email yang meminta anda unutk memberikan informasi rekening anda, nomor anda, atau kata sandi anda, lihat dan perhatikan baik-baik email tersebut dari pihak yang bisa dipercaya atau tidak.

Demikianlah artikel dari Plutotechno.com.Jangna lupa tinggalkan komentar kamu dan Semoga bermanfaat, Terima Kasih.


Show EmoticonHide Emoticon